Kreatif, Seniman Asal Desa Talunombo Buat Seni Ukir Pasir

by -51 views

WONOSOBOZONE.COM – Karya seni dari pasir atau sand art memang dikenal karena keunikannya. Dalam hal kepadatan pasir cocok untuk dibuat karya seni ukiran yang menawan.

Hal inilah yang mulai ditekuni oleh Tukhafidin, pemuda asal desa Talunombo, Kecamatan Sapuran. Bakat membuat seni ukir dari pasir ini tidak serta merta otodidak, kemampuannya tersebut ia dapatkan saat dulu pernah bekerja bersama orang dari Bali.

Kepala Desa Talunombo Badarudin menyebut, pihaknya berupaya mendukung penuh kreativitas warganya tersebut. Menurutnya seni pahat pasir bukan hanya sebuah karya yang unik yang mengagumkan. Pahat pasir dapat bertahan selamanya meskipun terbuat dari campuran pasir dan air saja.

“Ini merupakan sebuah potensi kreativitas warga yang patut kita dukung, dengan itu nantinya Desa Talunombo akan semakin memiliki inovasi dan kreativitas dari warga demi mendukung pengembangan lebel desa wisata yang telah disematkan kepada desa kami,” ujar Badarudin saat dihubungi melalui pesan singkat, Rabu (19/1/2022).

Dengan adanya hal tersebut, Badar sapaan akrabnya menambahkan, seni ukir dari pasir tersebut nantinya bisa menjadi salah satu jenis kerajinan yang menjadi potensi unggulan di Desa Talunombo.

“Sampai hari ini pesanan pembuatan seni ukir pasir ini tidak hanya dari Wonosobo saja, namun juga datang dari kota-kota lain bahkan sudah menembus pasar skala nasional,” imbuhnya.

Beberapa jenis contoh seni ukir dari pasir yang dihasilkan oleh Tukhafidin antara lain berupa patung, gapura desa maupun desain dinding tempat-tempat ibadah. (why)

Leave a Reply

Your email address will not be published.