Jaga Kelestarian Ekosistem Sungai Dengan Tebar Benih Ikan

by -75 views

WONOSOBOZONE.COM – Ikatan Vespa Wonosobo (IVW) bekerjasama dengan pemerintah Kelurahan Jaraksari menggadakan kegiatan tebar benih ikan (Restocking) di sungai siantap pada Minggu, (24/10/2021).

Ketua IVW Fajar Budianto, menyebut tujuan kegiatan penebaran ikan (restocking) tersebut adalah untuk meningkatkan stok populasi ikan di perairan umum serta melestarikan keanekaragaman sumberdaya ikan di perairan umum.

“Sebanyak 7000 benih ikan tadi kita tebar disini, kami harapkan nantinya ketersediaan stok ikan di perairan umum seperti ini akan tetap terjaga kelestariannya,” jelas Fajar Budianto.

Kegiatan tersebut menurut Fajar juga akan dilakukan secara berkesinambungan di wilayah kabupaten Wonosobo, sehingga keseimbangan antara keberadaan air dan ketersediaan ikan tetap bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

Selain melakukan tebar benih ikan, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pemasangan plang himbauan bahaya disekitar Sungai. Hal itu dilakukan guna menyikapi peristiwa tenggelamnya seorang anak kecil yang sedang mandi di sungai tersebut beberapa waktu lalu.

“Semoga dengan dipasangnya plang tersebut masyarakat jadi lebih waspada dan kejadian tersebut tidak terulang kembali,” tandasnya.

Sementara itu Lurah Jaraksari Soemadi mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh IVW. Hal tersebut menurutnya bisa menjadi contoh bagi komunitas lainnya untuk lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan sekitar.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar ikut aktif menjaga dan mengawasi sehingga kelestarian lingkungan dapat terjaga dan jangan menangkap ikan yang masih kecil, dan memberi kesempatan agar ikan tersebut menjadi besar dan berkembang biak sehingga manfaatnya menjadi jauh lebih besar.

“Masyarakat juga kami minta tidak menggunakan alat tangkap ikan yang merusak kelestarian lingkungan dan ekosistem seperti menggunakan racun, strum atau listrik yang akan merusak kelangsungan hidup ikan,” pungkasnya. (why)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *