Bappeda Gelar Workshop Komersialisasi Inovasi

by -24 views

WONOSOBOZONE.COM – Workshop Komersialisasi Inovasi yang diselenggarakan oleh Bappeda Wonosobo pada Kamis (21/10/2021) mempunyai harapan agar inovasi dari para inovator yang mengikuti krenova setiap tahunnya tidak berhenti sampai pada tataran kreatifitas saja, tapi bagaimana caranya hasil dari inovasi tersebut bisa mempunyai nilai ekonomi yang memadai dan menjadi sebuah usaha yang nyata.

Dari rangkaian kegiatan workshop yang berjalan secara marathon dengan beberapa materi tersebut, diantaranya adalah Validasi Ide Bisnis yang kebetulan diselenggarakan pada hari ini tanggal 19 Oktober 2021, yang bertempat di ruang rapat utama Bappeda kabupaten Wonosobo.

Kali ini dibersamai oleh Praktisi Bisnis Wonosobo, Dwi Sukatman yang kebetulan juga ketua FEDEP ( forum for economic development and employment promotion) serta sekaligus sebagai Ketua Forum Pemuda Wonosobo.

“Tidak semua ide bisa menjadi bisnis. Tidak semua ide bisnis dapat diterima oleh masyarakat atau pasar dan sesuai dengan kebutuhan. Maka diperlukan validasi ide bisnis untuk menyelaraskan ide bisnis kita agar dapat berkelanjutan sekaligus berimpact secara ekonomi dan sosial,” ungkap Dwi.

Demikian salah satu materi yg disampaikan Dwi Sukatman yg kebetulan juga sedang menempuh studi di universitas Pandanaran Semarang Jurusan Kewirausahaan.

Salah satu kegiatan pada sesi ini, selain penyampaian materi juga peserta diberi tugas untuk saling melakukan validasi produk yang mereka miliki. Peserta saling melakukan rasionalisasi dan realisasi ide mereka, apakah benar2 menjawab kebutuhan masyarakat dan bisa diterima oleh pasar.

Selain itu Dwi juga menyampaikan pentingnya melakukan validasi adalah agar jangan sampai ada persoalan setelah launching produk secara besar-besaran, misal produk tidak diterima pasar, segmen tidak pas dan lain-lain. Lebih baik berpikir besar tapi dimulai dari hal hal yang kecil ” think big, start small”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *