Pelatihan MBS Diharapkan Tingkatkan Keterampilan

by -28 views

WONOSOBOZONE.COM – Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Wonosobo Dyah Retno Sulistyowati, meninjau acara Pelatihan Micro Bussines Simulation (MBS) Bank Jateng kepada UMKM/UPPKA binaan Dinas DPPKBPPPA pada Selasa (19/10/2021).

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Dafam Wonosobo tersebut digelar selama dua Hari sejak Senin – Selasa 18 – 19 Oktober 2021. Pelatihan tersebut dibuka oleh camat Wonosobo Muhammad Said.

Tak tanggung-tanggung, dalam kegiatan pelatihan MBS menghadirkan mentor handal, diantaranya Enggar Prasetyo, Wulanto Chasanah, dan Agung Mahendra selaku Trainer MBS yang telah tersertifikasi oleh Sparkassenstiftung fur Internationale Cooperation (SBFIC) dari Jerman. Ketiganya juga merupakan Karyawan Bank Jateng.

Micro Bussines Simulation (MBS) disebut Dyah Retno Sulistyowati merupakan program pelatihan simulasi bisnis bagi pelaku UMKM. Ia juga mengatakan bahwa dengan dilaksanakan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Peserta dalam menjalankan usahanya.

“Karena Peserta diajarkan untuk menjalankan simulasi bisnis, meningkatkan kualitas produk, memperluas pemasaran, membuat laporan keuangan dan mengidentifikasi kesempatan – kesempatan dalam usaha,” bebernya.

Pelatihan tersebut menurutnya merupakan Pelatihan yang sebelumnya juga pernah diikuti oleh Claster Pengusaha Carica, Komunitas Loundry, HIPMI, Pengusaha Pemuda Muhammadiyah, Pengusaha Muda NU Anggota dan Pengurus UP2K Melati Wonoroto, Siwa – Siswi SMK Muhammadiyah, Penerima Pembebasan Tanah Bendungan Bener Sapuran, Jaringan Perempuan Usaha Kecil (JARPUK) GAYENG, Paguyuban Pengusaha Homestay, dan Pengurus APKLI yang seluruhnya difasilitasi oleh Bank Jateng Cabang Wonosobo.

Dyah berharap melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan keterampilan yang tentunya juga bertujuan untuk meningkatan kesejahteraan dan menjadi pemantik bagi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Wonosobo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *