TERNYATA TUBUH KITA BUTUH ISTIRAHAT, BUKAN HANYA SEKEDAR TIDUR SAJA

by -37 views

WONOSOBOZONE.COM – Menurut kalian istirahat kalian sudah maksimal belum? Dalam artian kalau kalian istirahat badan jadi gak capek lagi. Atau kalian tipikal orag yang sudah tidur seharian tapi pas bangun masih merasakan capek, bisa karena overthinking, kepikiran tugas, kepikiran masalah pekerjaan, kepikiran ini, kepikiran itu.

Akibatnya emosi kita bisa jadi gak baik, marah – marah gak jelas, males ngelakuin apa – apa, dan akhirnya aktifitas kita jadi kurang produktif dan maskimal. Terkadang dalam pikiran sepertinya masih banyak yang bisa kita kerjakan, tapi semuanya tidak ada yang terrealisasi, akhirnya bisa membuat kita jadi stress.

Jika diantara kalian mengalami hal tersebut, mungkin sudah waktunya kalian mengevaluasi istirahat kalian, apakah sudah cukup atau belum. Apakah tidur kalian kurang atau sudah cukup tapi masih merasakan stres. Atau jangan – jangan yang kalian butuhkan bukan hanya tidur tapi lebih dari itu. Karena tidak semua tidur dan semua istirahat itu sama.

Istirahat sangatlah penting untuk menjaga produktivitas, tapi jarang sekali diajarkan di rumah maupun di sekolahan bagaimana cara beristirahat dengan baik. Biasanya yang kita tahu dari istirahah hanyalah tidur saja, namun tidur merupakan salah satu dari bentuk istirahat.

Dilansir dari akun youtube satu persen menjelaskan bahwa menurut Dokter Saundra dalton smith mengkategorikan beberapa istirahat yang dibutuhkan oleh seseorang berdasarkan kebutuhan, berikut penjelasannya :

  1. Physical rest / istirahat fisik

Kalian perlu melakukan istirahat ini untuk meredakan nyeri pada bagian otot dan ketegangan tubuh setelah seharian beraktififas. Lakukan kegitatan fisik yang dapat memulikan kondisi tubuh. Bisa dengan peregangan, memijit badan, tidur, atau sekedar jalan – jalan diluar. Hal ini efektif untuk meredakan stress dan segala nyeri pada badan.

2. Mental rest / istirahat mental

Disini artinya kita shutdown pikiran kita caranya dengan istirahat buat mengurangi beban pikiran yang ada. Karena perlu kita ketahui bahwa dunia ini bukan sekedar pekerjaan saja. Istirahatkanlah mental kalian untuk menenangkan pikiran yang kacau dan lebih fokus pada hal yang benar – benar penting. Lakukan meditasi dan dahulukan terlebih dahulu diri sendiri lalu lepaskan apa yang selama ini membebani hidup kalian.

3. Sensory rest / istirahat panca indra

Hal ini sangat diperlukan buat kalian buat mengistirahatkan indra – indra kalian. Mata kita yang seharian Lelah melihat layer HP, telinga kita yang bosan akibat bisingnya suara kendaraan di jalanan, mulut kita yang Lelah berbicara setelah seharian banyak presentasi misalnya. Nah, cara mengistirahatkan panca indra kalian misalnya dengan cara menutup mata dan memberinya keterangan setelah sibuk bekerja seharian.

4. Emotional rest / istirahat emosi

Yaitu dengan cara memberikan waktu atau ruang buat kalian untuk mengepresikan perasaan. Pada intinya sesimple mengijinkan diri kalian untuk memproses emosial yang kalian rasakan. Cobalah bersikap jujur pada diri kalian sendiri hati itu, missal kalian sedang kesal karena masalah cobalah keluarkan kekesalan itu. Atau mungkin sedang senang coba di epresikan rasa senang itu. Atau gampang lagi cobalah ceritakan masalah kaliat ke orang dekat, misalnya pacar, teman kita atu keluarga.

5. Social rest / istirahat sosial

Mungkin Sebagian dari kalian ada yang tidak bisa capek dari kehidupan sosial kalian. Biasanya muncul saat kalian gagal membedakan mana yang buat kalian senang dan mana yang buat kalian capek. Cara buat istirahat sosial yaitu dengan mencari teman yang memberikan nilai positif. Kalau kalian belum menemukan, kalian bisa melakukan istirahat total dari interaksi sosial dan memberikat waktu untuk diri sendiri.

Dari kelima hal tersebut, mulai dari fisik, mental, panca indra, emosinal dan sosial kalian sudah melakukan kelimanya atau belum? Jangan – jangan ada yang belum dari kita, sehingga kita masih merasakan capek. Misal masalah yang lain sudah di selesaikan namun masih ada masalah sosial yang belum baik, bisa karena lingkungan yang toxic  atau karena orang – orang yang membuat kalian jadi bete. Cobalah ketahui apa yang kurang dari kalian sehingga membuat kalian merasakan lebih tenang lagi dalam menjalani hidup.

(Aryanti Amalia, mahasiswa KPI UNSIQ, guna memenuhi tugas perkuliahan teknik penulisan future dan editorial )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *