Bupati Minta Minimalisir Keluhan Masyarakat

by -33 views

WONOSOBOZONE.COM – Keluhan masyarakat terkait pelayanan pemerintah memang kerap terjadi karena dianggap tidak memenuhi ekspektasi dan kepuasan pengguna layanan. Oleh karena itu, keluhan masyarakat sebaiknya dijadikan pendorong semangat untuk memberikan pelayanan terbaik sebagai tugas utama pemerintah dibidang pelayanan umum (public service), selain tugas pembangunan (development) dan pemberdayaan masyarakat (empowerment). 

Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, S.Ag, saat Memimpin Apel Pagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo, di Halaman Pendopo Bupati, Senin (31/5), menyampaikan bahwa sebagai pelayan masyarakat, Pemerintah harus memberikan respon yang cepat terhadap keluhan-keluhan yang disampaikan masyarakat.

“Kita sudah ditakdirkan menjadi Abdi Negara, oleh karena itu mari kita gunakan amanat tersebut dengan benar sesuai dengan aturan aturan yang ada. Yang sudah baik kita tingkatkan lagi, yang belum baik mari kita lakukan pembenahan pembenahan. Sebagai pelayan masyarakat kita harus meminimalisir keluhan keluhan yang masyarakat sampaikan, yaitu merespon dengan cepat apa yang menjadi keluhan masyarakat, agar kita bisa lebih baik dan optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” jelas Afif Nurhidayat.

Usai memimpin apel pagi, Bupati juga berkesempatan melakukan sarapan bareng dengan karyawan Disdukcapil. Sarapan bareng dengan pejabat dan karyawan Disdukcapil ini bukan semata mata sarapan, tetapi Bupati ingin memberikan support kepada Disdukcapil, apalagi mereka dalam bekerja bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Saya dan pak Wabup ingin mengetahui bagaimana Pemerintah memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam hal kependudukan, dan apa yang menjadi kendala Disdukcapil dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga bisa menjadi evaluasi pemerintah agar bisa lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan. Minimalisir keluhan masyarakat terkait pelayanan pemrintah,” terang Bupati.

Pemkab sendiri menurutnya menghadapi permasalahan terkait kependudukan, salah satunya adalah banyaknya penduduk Wonosobo yang ada di luar Daerah, apalagi diluar Jawa, sehingga menyulitkan pendataan.

“Menghadapi permasalahan yang ada, pemerintah daerah akan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dimana penduduk Wonosobo bermukim. Tetapi pemerintah juga tidak bisa bekerja sendiri, perlu partisipasi masyarakat untuk selalu tertib administrasi soal kependudukan, sehingga semua masalah dapat diselesaikan dengan baik,” pungkas Bupati.

Agenda sarapan bersama ini akan dilaksanakan secara berkala dan terjadwal ke semua OPD. Dengan tujuan agar karyawan OPD bisa lebih dekat secara emosional dengan Bupati dan Wakil Bupati. Sehingga diharapkan ada diskusi yang egaliter antara Bupati, Wakil Bupati dengan karyawan, untuk mencari solusi ketika ada permasalahan maupun mencari terobosan terobosan untuk kemajuan Kabupaten Wonosobo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *