Jelang Idul Fitri, Polres Wonosobo Gelar Operasi Ketupat 2021

by -228 views

WONOSOBOZONE.COM – Polres Wonosobo menggelar apel pasukan dalam rangka pelaksanaan operasi Ketupat 2021. Apel dilaksanakan di halaman Mapolres, Rabu (5/5/2021).

Dalam kegiatan apel tersebut, Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat bertindak menjadi inspektur upacara. Kegiatan apel ini juga diikuti oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Wonosobo mulai dari unsur Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Kejaksaan Negeri Kabupaten, hingga Satpol PP.

Membacakan sambutan Kapolri, Bupati Wonosobo menyampaikan, apel tersebut diselenggarakan secara serentak seluruh Indonesia, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi Ketupat 2021 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas
lainnya.

Dalam sambutan disampaikan juga, menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H, tren kasus Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 2,03%. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan aktifitas masyarakat khususnya menjelang akhir bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.

Oleh karena itu Pemerintah telah mengambil kebijakan larangan mudik pada hari raya Idul Fitri 1442 H tahun ini. Keputusan tersebut diambil melalui berbagai macam pertimbangan, salahsatunya dari pengalaman terjadinya tren kenaikan kasus setelah pelaksanaan libur panjang, termasuk peningkatan kasus sebesar 93% setelah pelaksanaan libur Idul Fitri pada tahun lalu.

Meskipun begitu, keinginan masyarakat untuk melaksanakan mudik sulit untuk ditahan. Masih terdapat 7% atau 17,5 juta orang yang akan melaksanakan mudik. Oleh karena itu, kegiatan Operasi Ketupat 2021 yang akan dilaksanakan selama 12 hari, mulai dari tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021 harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh oleh seluruh jajaran dalam rangka menempatkan keselamatan masyarakat sebagai hukum tertinggi.

Pada kesempatan itu Bupati bersama Kapolres Wonosobo AKBP. Ganang Nugroho Widhi, S.Ik., M.T., didampingi anggota Forkopimda yang lain serta instansi terkait, langsung melakukan cek kesiapan personil dan peralatan penunjang lainya. Baik Bupati maupun Kapolres berharap semuanya berjalan lancar dan apa yang menjadi tujuan kegiatan tersebut bisa terlaksana dengan baik.

“Saya rasa semua persiapan sudah matang, kami berharap semua bisa berjalan lancar, dan apa yang menjadi tujuan kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik, dan semua personil yang terlibat selalu diberi kesehatan dan kekuatan,” pungkas Bupati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *