DIRESMIKAN, MASJID BAITUL QUR’AN KH. MUNTAHA ALHAFIDZ DIHARAPKAN JADI PUSAT DAKWAH ISLAM

by -262 views

WONOSOBOZONE.COM – Bupati Wonosobo H. Afif Nurhidayat, S.Ag berpesan Masjid Baitul Qur’an KH. Muntaha Alhafidz dapat menjadi pusat kegiatan dakwah islam yang bernafaskan kedamaian, kerukunan, dan persaudaraan tanpa membeda-bedakan. Jadikan kegiatan di masjid ini sebagai kegiatan yang membangkitkan jiwa-jiwa cinta Islam pada setiap muslim secara luas.

Hal tersebut disampaikan Bupati dalam acara Peresmian Masjid Baitul Qur’an KH. Muntaha Alh di halaman Masjid Kampus II Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo, Kamis (29/4).

Proses Peresmian diawali dengan pembagian 500 paket sembako kepada masyarakat sekitar dilanjutkan prosesi Pemotongan Pita oleh Bupati Wonosobo, kemudian Penandatanganan Prasasti oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Ilmu-ilmu Al Qur’an (YPIIQ) Wonosobo, dan pembukaan Pintu utama Masjid oleh Rektor Unsiq didampingi tamu undangan baik dari civitas akademika unsiq dan Forkompinda Kabupaten Wonosobo.

“Saya menyambut baik diresmikannya Masjid Baitul Qur’an KH. Muntaha Alhafidz, dengan tujuan didirikan masjid ini adalah untuk mengenang dan memuliakan Mbah Muntaha. Masjid menjadi tujuan ibadah, tempat produksi pembuatan Al-Qur’an Akbar dan sekaligus sebagai tempat wisata (persinggahan dari atau menuju Dieng). Dan Masjid sebagai museum permushafan Al Qur’an,” ungkapnya.

Bupati just berpesan kepada semua yang hadir, utamanya civitas akademika UNSIQ, untuk menghidupkan masjid ini dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat. Selain kegiatan keagamaan, ada baiknya kegiatan bernafaskan kepedulian sosial pun digelar di sekitar masjid. “Jadikan masjid sebagai lokasi yang mententramkan hati bagi siapapun yang singgah,” tandasnya.

Sementara itu, Rektor Unsiq Dr. KH. Muchotob Hamzah, mengucapkan rasa syukur atas diresmikannya masjid tersebut. Abah Khotob just mengucapkan terimakasih kepada KH.Ali Mufiz selaku Ketua Dewan Pembinan YPIIQ yang menjadi penggagas masjid ini.

“Masjid Baitul Qur’an KH. Muntaha Alh, merupakan bangunan monumental yang menjadi ikon Unsiq sekaligus sebagai ikon Wonosobo sebagai daerah pegunungan yang asri. Masjid yang megah dan indah ini dibangun secara mandiri dengan sukarela YPIIQ dan semua civitas akademika Unsiq. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan semua dari para dosen dan ahli-ahli yang dimiliki oleh Unsiq,” terangnya.

Konsep arsitektur masjid merupakan gabungan antara Jawa, Kubah Turki, dan lengkung Andalusia. Tampak kubah depan lengkung ada lima mencerminkan jumlah rukun islam, tampak dari samping kubah ada 6 mencerminkan rukun iman. Seangkan konsep interior,ornamentasi eksterior masjid merupadakn gabungan masjid nabi geometri Andalusia dengan ornament Al Qur’an akbar unsiq.

Kontributor : Sofiyanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *