Jelang Lebaran, Pemkab Wonosobo Gelar Rakor Lintas Sektoral

by -237 views

WONOSOZONE.COM – Menjelang pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Pemerintah Kabupaten Wonosobo menggelar rapat koordinasi lintas sektoral di Gedung Adipura Kencana, Selasa, (27/4/2021).

Rapat tersebut dipimpin langsung Sekda Drs.One Andang Wardoyo, M.Si, dibuka oleh Wakil Bupati Drs.H.Muhammad Albar, M.M., dan dihadiri Dandim 0707 Letkol Czi.Wiwid Wahyu Hidayat dan Kapolres AKBP. Ganang Nugroho Widhi, S.Ik., M.T. serta jajaran OPD.

Wakil Bupati Wonosobo Muhammad Albar meminta dengan tegas, agar Instansi dan Perangkat Daerah bersatu bahu-membahu dalam memberikan pelayanan yang prima bagi masyarakat menjelang dan selama Hari Raya Idul Fitri. Untuk kemudian melaksanakan pelayanan sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing. Sehingga bisa meminimalisir munculnya permasalahan yang ada di masyarakat.

“Saya minta setelah terlaksananya rapat ini, seluruh Perangkat Daerah dapat memahami skema perencanaan, terkait ketersediaan bahan kebutuhan pokok masyarakat dan layanan umum dalam rangka persiapan Hari Raya Idul Fitri, kemudian melaksanakan pelayanan sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing,” ungkap Wabup.

Dengan kerjasama yang sinergis antara Perangkat Daerah, instansi vertikal, dan stakeholder terkait, Albar berharap pelayanan kepada masyarakat dapat terlaksana dengan optimal, serta meminimalisir munculnya permasalahan di masyarakat.

Selain itu Albar minta agar dilakukan pemantauan berbagai permasalahan yang sering terjadi menjelang Hari Raya Idul Fitri, seperti potensi kecelakaan dan kemacetan lalu lintas, peningkatan kebutuhan layanan transportasi dan infrastruktur, peningkatan kebutuhan BBM dan gas, peningkatan kebutuhan pokok masyarakat dan kecenderungan peningkatan harga, potensi gangguan ketenteraman dan ketertiban masyarakat, serta lokasi berpotensi rawan bencana.

Ia berpesan kepada segenap masyarakat agar tetap mematuhi dan menerapkan Protokol Kesehatan, dimanapun dan kapanpun. Karena setiap individu dan masyarakat seluruhnya, adalah garda terdepan dalam upaya penanganan penyebaran Covid-19.

“Tetap kenakan Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, dan Hindari Kerumunan. Sehat selalu dan tetap semangat,” pesanya.

Sementara itu Kapolres Wonosobo AKBP. Ganang Nugroho Widhi, S.Ik., M.T. mengatakan dalam rangka pengamanan Idul Fitri pihaknya akan melaksanakan Operasi Ketupat Candi yang dilaksanakan selama 12 hari. Dengan sasaran peniadaan mudik Idul Fitri 1442 H dan upaya pengendalian penyebaran Covid-19 serta mewujudkan Sitkamtibmas yang kondusif sebelum, dan sesudah Idul Fitri 1442 H.

“Pelaksanaan Pam disesuaikan dengan kebijakan pemerintah tentang larangan mudik TMT 6 s.d. 17 Mei 2021. Sasaran Operasi meliputi segala bentuk Potensi Gangguan (PG), Ambang Gangguan (AG) dan Gangguan Nyata (GN, sebelum dan pada saat Ops Ketupat Candi 2021 yang dapat menghambat dan mengganggu Kamtibmas dan Kamseltibcar Lantas serta penyebaran Wabah Covid-19,” Jelasnya. (why)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *