Ramadah In Campus, KPI UNSIQ Wonosobo adakan Seminar bertajuk Dakwah Intelektual, Remaja Milenial

by -175 views

WONOSOBOZONE.COM – Kemajuan teknologi informasi dan penggunaan media sosial yang semakin banyak menimbulkan berbagai implikasi, termasuk dalam kehidupan beragama. Referensi ilmu keagamaan menempatkan internet sebagai rujukan. Sementara pengguna internet di Indonesia didominasi oleh kaum milenial yang memiliki pemikiran terbuka dan rasional. Serta menjadikan internet sebagai alternatif sumber ilmu, termasuk ilmu agama.

Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) sebagai salah satu Program Studi di Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo dengan fokus keilmuan diantaranya Syi’ar Islam dan Ilmu komunikasi terus berupaya menjadi fasilitator bagi mahasiswa untuk bisa menghadapi kemajuan teknologi informasi.

Pada Seminar Akademik Ramadhan In Campus Kali ini, Prodi KPI mengangkat tema “Dakwah Intelektual, Remaja Milenial” dihadiri oleh Drs. Samsul Munir, M.A selaku Wakil Rektor III, Dr. KH. Ahsin Wijaya, Alh. M.Ag selaku Dekan FKSP, Drs. Moh. Amin, M.Pd.I selaku wakil Dekan FKSP, Samsurrahman, Alh, M.S.I selaku Kaprodi KPI, H. Asmaji, Ph.D dan Sri Rahayu, S.Sos, M.Ikom selaku narasumber seminar yang dilaksanakan di Masjid Al-Furqon, Senin (19/4).

Ketua Program Studi KPI Samsurrahman, M.S.I mengungkapkan, Ramadhan menjadi momen yang sangat ideal untuk meningkatkan pemahaman terhadap mahasiswa tentang nilai-nilai keislaman yang modern diera 4.0 menuju 5.0 yang juga berkorelasi sesuai tema Ramadhan In Campus tahun ini.

“Tema tersebut bertujuan substansial, dengan seiring perkembangan jaman yang begitu masif, maka dari itu Mahasiswa KPI yang merupakan generasi milenial harus sadar akan hak dan kewajibannya harus bisa menjawab tantangan dan kebutuhan jaman tanpa menapikan nilai-nilai keislaman dan mampu mensyi’arkan ajaran keislaman sesuai dengan perkembangan teknologi informasi”, tutur Samsurahman.

Istilah generasi millennial memang sedang akrab terdengar. Istilah tersebut berasal dari millennials yang diciptakan oleh dua pakar sejarah dan penulis Amerika, William Strauss dan Neil Howe dalam beberapa bukunya.

Namun, para pakar menggolongkannya berdasarkan tahun awal dan akhir. Penggolongan generasi Y terbentuk bagi mereka yang lahir pada 1980 – 1990, atau pada awal 2000, dan seterusnya.

Sedangkan, Dakwah yang merupakan keilmuan yang utama bagi agama Islam jauh sebelum perkembangan keilmuan lain seperti ilmu syari’ah, hukum, fiqih, politik dan lain sebagainya.

“Dakwah dan Islam adalah ilmu tertua sebelum lahir ilmu-ilmu lainnya dan Artikel adalah ilmu tertua dalam dakwah,” papar H. Asmaji, Ph.D

Diharapkan mahasiswa program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) sebagai Generasi Milenial harus mampu meningkatkan kapasitas dan kemampuan dalam mendakwahkan keilmuan baik melalui tulis menulis, public speaking, broadcasting dan lain sebagainya melalui media Komunikasi masa kini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *