UNSIQ Wonosobo Selenggarakan Ramadhan In Campus

by -169 views

WONOSOBOZONE.COM – Untuk menunjukkan eksistensinya sebagai Perguruan Tinggi yang berbasis Pesantren, Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo melalui Masjid Al-Furqon, tahun ini kembali menggelar Program Ramadhan in campus (RIC) bertajuk Seminar Akademik Ramadhan dengan tema “Integrasi Al-Qur’an dengan Sain Program Studi UNSIQ”, program ini dilaksanakan sejak 13 April hingga 11 Mei 2021.

Ketua Panitia Dr. M. Ali Mustofa Kamal, AH, M.S.I mengungkapkan, tahun ini Ramadhan In Campus merupakan tahun kedua diselenggarakan, sebelumnya pada tahun 2019 akan tetapi adanya Pandemi Covid-19 kegiatan ini pada tahun 2020 tidak dilaksanakan.

“Untuk bulan suci Ramadhan tahun ini, walaupun masih dalam keadaan pandemi covid-19, agenda Ramadhan In Campus tetap dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan, dengan sistem Ofline dengan peserta maksimal 50 orang serta Online Via Zoom Meating dan Live Streaming YouTube Unsiq Media Center”, tutur Dr. Kamal.

Rangkaian Ramadhan in campus terdiri dari Sholat Ashar Berjama’ah, Seminar Akademik (Tema sesuai Program Studi), Kultum, Buka Bersama, Tarawih, Khotmil Qur’an dan lainnya. Program ini melibatkan seluruh Program Studi dan lembaga di Unsiq untuk menjadi bagian pengisi rangkaian kegiatan tersebut.

Selain kegiatan itu, Masjid Al-Furqon juga melaksanakan program “Mari Berbagi”, dimana sudah disiapkan Tim dan tempat untuk berbagi biasanya berupa Makanan dan minuman atapun bisa uang yang nantinya dibelikan makan untuk dibagikan dilingkungan pesantren.

Kegiatan ini diharapkan menjadi wadah untuk setiap Program Studi berkreasi sesuai keilmuannya serta mampu memberikan sajian, tuntunan serta tontonan yang bermanfaat untuk menambah wawasan ke Islaman bagi mahasiswa dan masyarakat luas.

Kontributor: Sofiyanto (HMPS KPI UNSIQ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *