Hari Peduli Sampah : Sampah Harus Bermanfaat dan Memiliki Nilai Jual

by -211 views

WONOSOBOZONE.COM – PT Geo Dipa Energi Unit Dieng bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Wonosobo dan BNI Cabang Wonosobo menyelenggarakan acara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada tanggal 21 Februari.

Acara yang diselenggarakan di Desa Sikunang, Kecamatan Kejajar ini dihadiri oleh perwakilan Bupati Wonosobo serta beberapa perwakilan dari Dinas terkait.

Dengan mengusung tema “Sampah Bahan Baku Ekonomi Di Masa Pandemi”, peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2021 ini diisi dengan berbagai rangkaian acara, diantaranya ada Forum Group Discussion yang sudah dilaksanakan pada hari Senin (22/2).

Selain itu, pada hari ini, Rabu (24/2) juga dilaksanakan acara pemberian penghargaan terhadap beberapa kecamatan, desa dan kelompok pegiat lingkungan yang ada di Kabupaten Wonosobo.

HSE Manager PT Geo Dipa Energi Unit Dieng Ilen Kardani dalam sambutannya mengatakan, Acara pemberian penghargaan ini sebagai wujud apresiasi dari PT Geo Dipa Energi Unit Dieng, BNI Cabang Wonosobo, dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Wonosobo kepada masyarakat atas partisipasi yang sudah diberikan dalam upaya penanganan sampah baik ditingkat kecamatan, desa, maupun kelompok masyarakat.

“Dengan adanya pemberian penghargaan ini harapannya masyarakat bisa semakin bersemangat dalam mengelola sampah. Bahkan masyarakat diharapkan dengan jiwa kreativitasnya dapat mengelola sampah yang ada menjadi sesuatu yang lebih bernilai jual,” ucapnya.

Menurutnya, pengolahan sampah yang baik akan menambah nilai jual serta dapat bermanfaat bagi sesama. Bahkan ia juga mencontohkan salah satu pengolahan sampah yang ada di negara Eropa yang bisa dimanfaatkan menjadi energi listrik.

“Mengelola sampah ini adalah tentang bagaimana kita merubah sampah itu menjadi emas. Artinya adalah mengolah sampah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat dan bernilai jual. Sepertihalnya di Negara Swedia yang mampu mengubah sampah menjadi energi listrik. Tentunya hal tersebut berawal dari kegiatan pengelolaan sampah yang bagus,” tandasnya. (ard)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *