Iket Saba Kembali Dikenalkan Kepada Pedagang Pasar Wisata

by -172 views

WONOSOBOZONE.COM – Siapa yang tak kenal Iket Saba? Di Kabupaten Wonosobo sendiri saat ini barang tersebut telah menjadi ikon khas sekaligus sebagai ikon cindera mata bagi parawisatawan ketika berkunjung ke kota yang dikenal ASRI ini.

Untuk mengenalkan kembali Iket Saba kepada khalayak yang lebih luas serta memberikan support kepada para pedagang pasar wisata yang berlokasi di depan DPRD Wonosobo, Iket Saba itupun dibagikan oleh kreator sekaligus pemilik brand Iket Saba & Kaosaba yaitu Rusta Efendi kepada para para pedagang dilokasi tersebut, Minggu (21/2/2021).

Dalam acara tersebut juga turut didampingi oleh Bupati terpilih Afif Nurhidayat, Pembina Pedagang pasar wisata Idam Cholid serta Ketua Pasar wisata Saad.

Rusta Efendi menyebut, pihaknya sengaja membagikan Iket Saba tersebut sebagai bentuk suport kepada kawan kawan pedagang untuk tetap berjuang di tengah pandemi ini dengan tempat baru yang belum begitu dikenal oleh masarakat pada umumnya.

“Sehingga para pedagang selain berjualan mengenalkan produk maupun kulinernya, juga bisa mengenalkan budayanya melalui Iket Saba ini,” terangnya .

Sebagai cinderamata khas Wonosobo, menurut Rusta Efendi Iket Saba sendiri diharapkan akan mewarnai pasar wisata sehingga lebih terlihat menghiasi suasana Wisata Budayanya. Sehingga pasar wisata benar – benar menjadi pasar wisata yang berbudaya, bersih dan tertib yang bisa menjadi icon pasar wisata kota yang diminati pengunjung pada umumnya.

Menurutnnya, ikat kepala banyak digunakan daerah lain untuk mencirikan daerahnya. Namun, bagi Fendi dan para pegiat kreatif lain, ikat kepala memiliki filosofi mendalam, salah satunya bentuk penghormatan yang harus dijunjung tinggi.

“Tak hanya menjadi ikat kepala biasa, filosofi mendalam dituangkan melalui sebuah karya simpel, namun mengandung semangat menjunjung tinggi Ketuhanan, sosial kemasyarakatan, kebudayaan dan potensi khas Wonosobo,” pungkasnya. (why)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *