KKN Pulang Kampung, Mahasiswa UNDIP Edukasi Warga Perangi Berita Hoax

by -273 views

WONOSOBOZONE.COM – Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah program pengabdian dan pemberdayaan mahasiswa kepada masyarakat yang menjadi salah satu mata kuliah yang wajib dilampaui sebagai syarat kelulusan.

Terjadinya pandemi COVID-19 menyebabkan adanya perubahan penempatan lokasi mahasiswa melakukan pengabdian yang awalnya sudah ditetapkan oleh pihak kampus menjadi KKN di kampungnya masing masing, KKN Tim I dilaksanakan mulai 4 Januari 2021 sampai dengan 16 Februari 2020.

Salah Satunya dilakukan oleh Muhammad Farkhan Akbar A, mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro, Semarang, ini yang melaksanakan Program KKN pulang kampung, dengan mengadakan kegiatan sosialisasi gerakan literasi media digital masyarakat Sambek ‘Geladi Masa’ kepada warga masyarakat Kelurahan Sambek RT 01 RW 02, Kecamatan Wonosobo, beberapa hari lalu.

Farkhan mengatakan, Program ‘Geladi Masa’ ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan penyebaran informasi hoax dilingkungan Sambek RT 01 RW 02 Wonosobo. Sebab saat ini, informasi yang beredar di media sosial sangat beragam dan tidak semua informasi tersebut valid. Sehingga masyarakat harus jeli dalam mencari maupun saat menerima informasi agar tidak mudah terperdaya oleh informasi hoax.

Sasaran utama dari program ‘Geladi Masa’ ini adalah remaja dan pemuda Sambek RT 01 RW 02. Tujuan utama dari program ini untuk memberikan pengetahuan baru kepada para remaja maupun pemuda Sambek tentang literasi media digital,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, literasi media digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari.

“Kegiatan Gerakan Literasi Media Digital Masyarakat Sambek ini dilakukan selama sepuluh hari. Yakni dimulai pada Kamis 14 Januari 2021 hingga Minggu 24 Januari 2021,” imbuhnya.

Ia menyebut, kegiatan dilakukan secara door to door, yang bertujuan untuk menaati protokol kesehatan yang berlaku di lingkungan Kelurahan Sambek dengan tidak membuat acara kerumunan.

“Para peserta sangat antusias dalam mengikuti program ini. Hal tersebut terlihat dari banyaknya pertanyaan mengenai informasi yang berkaitan dengan berita hoax, mulai dari pertanyaan mengenai awal mula kemunculan hoax, peran pemerintah, media dan masyarakat dalam berita hoax, serta cara-cara yang dapat dilakukan dalam pencegahan berita hoax,” bebernya.

Farkhan berharap dengan berakhirnya program Geladi Masa ini, para pemuda dan remaja Sambek RT 01 RW 02 diharapkan dapat lebih berhati-hati dalam mencari maupun menerima informasi di media sosial. Selain itu,juga menjadi pelopor antihoax di lingkungan keluarga maupun masyarakat.

Penulis : Muhammad Farkhan Akbar A
Editor : wonosobozone.com
Dosen Pembimbing KKN : Dr.rer.nat Thomas Triadi Putranto, ST,M.Eng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *