ASOSIASI BATIK WONOSOBO SIAP PENUHI PASAR BATIK WONOSOBO

by -2,012 views

WONOSOBOZONE.COM – Sebanyak sepuluh pengusaha batik dan satu desainer melaunching Asosiasi Batik Wonosobo, Kamis (28/1/2020). Asosiasi Batik Wonosobo terbentuk didasari oleh keresahan para pengrajin batik Wonosobo yang selama ini dituntut konsumen untuk memproduksi kain/seragam batik yang bagus dan berkualitas dengan harga terjangkau.

Solikhatin Anisa, Direktur Asosiasi Batik Wonosobo mengemukakan bahwa pasar batik di Wonosobo sangat besar, diharapkan dengan terbentuknya asosiasi ini dapat memenuhi pangsa pasar.

Selain itu, setelah masa pandemi covid-19 nanti diprediksi pasar seragam sekolah dan instansi akan terbuka lebar. Terutama dengan adanya Perbup tentang Batik Wonosobo. Oleh karena itu perlu penggerak untuk bekerjasama dengan para pengrajin batik yang sangat terdampak oleh pandemi selama ini.

Asosiasi Batik Wonosobo juga bertujuan untuk sinkronisasi antara fashion dan kain daerah khususnya Batik Wonosobo. Mengembangkan desain batik dengan trend fashion terkini sesuai dengan kebutuhan market Wonosobo pada umumnya dan Indonesia pada khususnya,” bebernya.

Kami mengapresiasi dukungan pemerintah untuk industri kecil seperti industri fashion dan batik dengan wujud membentuk kelompok pengusaha,” imbuhnya.

Menurutnya beberapa workshop yang difasilitasi pemerintah sudah menjadi jalan pembuka market place untuk batik Wonosobo ke pasar Nasional dan Internasional. Tinggal bagaimana para pengrajin menangani pasar batik untuk daerah, sehingga dibentuklah Asosiasi Batik Wonosobo untuk mewadahi pengusaha kecil pemula, dan mendampingi usaha kecil pemula, selain membuka lapangan kerja di sektor batik dan fashion.

Sementara itu, Desainer Wonosobo sebagai penggagas Asosiasi, Alvin Aribowo menyatakan dibentuknya Asosiasi Batik Wonosobo juga untuk turut serta memajukan kompetensi dibidang batik untuk kesiapan tenaga kerja produktif dan memajukan industri kreatif untuk menghadapi dunia industri 4.0.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *