Koramil Watumalang Dan Relawan Bencana Beri Tanda Jalan Berlubang

by -140 views

WONOSOBOZONE.COM – Koramil 02/Watumalang Kodim 0707/Wonosobo bersama Relawan Penanggungalan Bencana, Forkominca, Dinas Perhubungan, Brotherhood Wonosobo melakukan kegiatan penyemprotan/penandaan jalan berlubang dan pembersihan cermin cembung di wilayah Watumalang.

Kegiatan dimulai dari pertigaan dusun Petir Desa Limbangan sampai dengan Lapangan Kelurahan Wonoroto (Lapangan Welahan), Rabu (20/1/2021).

Plt Danramil 02/Watumalang Peltu Darmadi dalam apel menyampaikan bahwa kegiatan pemberian tanda di jalan berlubang merupakan suatu upaya yang bisa di lakukan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan dijalan raya. Mengingat jalan di wilayah Watumalang ini banyak yang rusak akibat curah hujan terlalu tinggi, drainase yang kurang bagus sehingga menimbulkan genangan air sehingga membuat aspal mudah mengelupas.

“Saat ini hujan masih sering turun, dengan adanya hujan tersebut membuat jalan berlubang tertutupi oleh air sehingga tidak kelihatan sehingga rawan menyebabkan pengendara terkecoh, karena berpikir jalan itu mulus padahal berlubang, dan akhirnya mengalami kecelakaan saat melintas,” tuturnya.

Dia menuturkan, pemberian tanda peringatan wajib dilakukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan, khususnya pengendara roda dua. Tanda tersebut diharapkan dapat mengingatkan para pengendara bahwa mereka akan melintasi jalan yang rusak.

Serma Nimir selaku pendiri dan Pembina Relawan Penanggulangan Bencana Watumalang menambahkan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan kepada dinas terkait agar segera melakukan perbaikan jalan, minimal ada kegiatan penambalan atau pengaspalan ulang, sehingga pengguna jalan bisa melalui dengan nyaman dan tidak menimbulkan korban.

Sementara itu, Agung warga Kuripan Watumalang menyampaikan terima kasih kepada Koramil Watumalang yang telah memperkrasai kegiatan memberi tanda pada jalan berlubang.

“Ini kegiatan yang sangat baik sekali, disamping untuk menghindari kecelakaan juga sarana mengingatkan kepada Dinas Terkait untuk segera melakukan perbaikan demi terhindarnya korban lebih banyak lagi. Sebab kondisi jalan yang ekstrim yaitu naik turun lembah, tikungan tajam ditambah jalan berlubang sangat parah,” jelasnya.

Dengan adanya kegiatan ini dari komunitas Relawan Penanggulangan Bencana Watumalang mempunyai gagasan untuk mengadakan kegiatan penambalan jalan dengan menggunakan semen. (why)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *