Setiap Senin, Satgas Watumalang Rutin Gelar Operasi Prokes

by -155 views

WONOSOBOZONE.COM – Upaya untuk menekan penyebaran virus korona masih terus dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Wonosobo hingga sampai ke Satuan Tugas COVID-19 di tingkat Kecamatan. Salah satu Kecamatan yang hingga saat ini masih rutin menggelar operasi Penegakan Protokol Kesehatan Pencegahan COVID-19 adalah Kecamatan Watumalang.

Seperti terlihat pada Senin (18/1/2021),  puluhan personel yang tergantung salam Satuan Tugas Kecamatan Watumalang, menggelar operasi penegakkan disiplin protokol kesehatan masyarakat di sejumlah kawasan Pasar dan pertokoan.

Pelaksana Tugas Camat Watumalang, Tono Prihatono selaku Ketua Satgas Kecamatan, ketika ditemui di sela kegiatan mengakui operasi Penegakan Prokes masih rutin dilaksanakan sebagai upaya penegakkan disiplin  masyarakat, khususnya dalam hal penggunaan masker.

Tujuan untuk mengingatkan masyarakat, agar disiplin menerapkan protokol kesehatan, khususnya 3M, memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan hand sanitizer, serta menjaga jarak dan menjauhi kerumunan,” terang Tono.

Diharapkannya, dengan peningkatan disiplin masyarakat, bisa memutus mata rantai penyebaran Covid 19, karena masyarakat saat ini merupakan garda terdepan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid 19. Kepada publik, Tono selalu menyampaikan pesan bahwa saat ini mengandalkan tenaga kesehatan saja tidaklah cukup, karena kondisi penularan penyakit yang disebabkan oleh virus corona ini sangat cepat, dan bahkan di beberapa negara sudah ada yang bermutasi.

Operasi Prokes, menurut Tono digelar di beberapa tempat, seperti di jalanan, perkantoran, maupun tempat-tempat berkumpulnya masyarakat dalam jumlah banyak, dengan sasaran pengendara sepeda motor, pejalan kaki dan masyarakat umum. Selain membagikan masker, petugas juga memberikan edukasi dan sosialisasi penerapan protokol kesehatan masyarakat.

Bagi masyarakat yang kedapatan tidak memakai masker, petugas memberikan sanksi sosial ringan, berupa push up maupun membersihkan jalan dan tempat di sekitar kawasan operasi. (ard)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *