Diguyur Hujan Terus Menerus, Jalan raya Wadaslintang – Prembun Putus Total

by -1,547 views

WONOSOBOZONE.COM – Bencana tanah longsor di Kabupaten Wonosobo terus meluas setelah hujan terus mengguyur wilayah tersebut. Akibatnya Jalan raya Wadaslintang – Prembun yang berada di depan Markas Koramil 12/Wadaslintang putus total sepanjang kurang lebih 20 meter dengan kedalaman 5 meter.

“Longsor terjadi pada Selasa (12/1/2021) sekitar pukul 04.45 WIB. Jalur tersebut menghubungkan antara Wonosobo dengan Kebumen,” terang Camat Wadaslintang Mitro Sembodo.

Menurutnya, Putusnya jalan tersebut disebabkan curah hujan yang cukup tinggi sejak kemarin siang. Dan sebelah jalan merupakan lembah yang cukup dalam. Kondisi Di bawah jalan yang ambles dan longsor merupakan areal persawahan milik warga setempat.

Sementara itu, Danramil 12/Wadaslintang Kodim 0707/Wonosobo Lettu CPL Tulus Widodo menyebut sehubungan dengan putusnya jalan tersebut maka arus lalu lintas bagi kendaraan roda 2 dan 4 dialihkan melalui jalur alternatif lewat Kaliwiro – Mendono – Gumler – Besuki – Tirip – Wadaslitang.

Akan tetapi jalan sempit untuk kendaraan besar seperti bus dan truk besar diharapkan tidak melewati jalan tesebut karena bisa membuat kemacetan. Untuk kendaraan besar yang akan ke Kebumen dialihkan ke Banjarnegara lewat Gandulekor,” terangnya.

Danramil menghimbau kepada warga agar jangan mendekat ke area lokasi longsor untuk menghindari jatuhnya korban jiwa dan longsor susulan yang lebih besar lagi. Menurutnya, budaya saat ini adalah tempat musibah menjadi wisata dadakan, hanya sekedar berfoto saja dan itu bisa membuat masalah baru.

Dan yang tak kalah penting adalah karena hujan masih sering turun diharapkan semua masyarakat agar selalu waspada terhadap longsor yang masih bisa terjadi lagi. Saat ini dibutuhkan kepedulian masyarakat untuk bersama – sama saling menjaga lingkungan masing – masing. Jika ada longsor maka segera melaporkan kepada pemerintah setempat,” pungkasnya. (why)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *