Ravi Ramadhani, Pemuda Asal Wonosobo Ini Luncurkan Aplikasi Obah Payment

by -629 views

WONOSOBOZONE.COM – Setelah mendulang berbagai prestasi di bidang sains, khususnya setelah mengembangkan alat pengisi daya bertenaga kinetic Ayo Obah pada 2017 lalu, perjalanan pemuda asal Wonosobo bernama Muhammad Ravi Ramadhani belum juga selesai. Bahkan berbekal penelitian tentang Ayo Obah yang kemudian dikembangkan menjadi Obah Energy, membawa mahasiswa jurusan Fisika Universitas Diponegoro itu pada tahun 2018 menjuarai National Young Inventor Award (LIPI). Lalu berlanjut pada 2019 di Milset Expo-Sciences International (ESI) Abu Dhabi.

Kini, pemuda yang baru saja berulang tahun ke-21 itu meluncurkan sebuah aplikasi bernama Obah Payment.

“Obah Payment ini adalah aplikasinya Ibu. Semua yang berbau teknologi ini hanya bungkus, karena semua hal baik yang saya lakukan ini untuk ibu. Pada intinya semoga aplikasi ini bisa menjadi usaha dan gerakan bagi pelajar dan pemuda yang ingin berpenghasilan sendiri. Sehingga bisa mendukung pendidikan dan kesehatan mereka,” ungkap Ravi di peluncuran Obah Payment yang dibuka oleh ibundanya Siti Marifatun, di Wonoland, Sabtu (12/12/2020) lalu.

Menurut Ravi sapaan akrabnya, saat ini banyak pemuda yang ingin merintis usaha, namun masih kebingungan untuk mulai dari mana. Hal itu menjadi alasan Muhammad Ravi Ramadhani meluncurkan aplikasi untuk jualan pulsa dan pembayaran yang ia beri nama Obah Payment (obahpayment.com).

“Saya melihat banyak pemuda Wonosobo yang sebenarnya ingin membuka usaha, tetapi mereka masih bingung mau usaha apa dan mulai dari mana. Maka saya berpikir untuk meluncurkan aplikasi yang bisa untuk jual pulsa dan pembayaran ini,” kata Pemuda Asal Bumiroso, Kecamatan Watumalang tersebut.

Menurutnya, bisnis pulsa dan paket data serta pembayaran ini sangat menguntungkan. Apalagi saat pandemi Covid-19 ini, kebutuhan paket data dan pulsa semakin meningkat. Selain itu, dengan berkembagnya teknologi ini, maka bisnis pulsa ini tidak akan ada matinya.

“Harapannya aplikasi ini bisa menjadi usaha dan gerakan pelajar serta pemuda yang ingin memiliki penghasilan sendiri. Sehingga bisa mendukung pendidikan dan kesehatan mereka dan keluarga,” bebernya.

“Ada juga nanti komunitas Youth Muslim Entrepreneurship, anggotanya siapapun yang mau belajar bisnis, semua latar belakang boleh masuk. Di komunitas ini anggotanya bisa dapet dukungan modal usaha hingga 1 juta rupiah dalam skema koperasi. Jadi kami lengkap ingin memberikan kontribusi dari ujung ke ujung.” Tambah Ravi.

Aplikasi Obah Payment ini, katanya, juga merupakan gerbang pembayaran yang diharapkan bisa menjangkau pengguna seluruh desa di Wonosobo. Mengingat pembayaran akan tagihan dan pembelian token juga tinggi.

“Tahun depan kami targetkan ada 5.000 agen Obah Payment aktif di seluruh Wonosobo. Kami akan sasar warung-warung yang menjual pulsa secara manual, sehingga mereka bisa menggunakan aplikasi Obah Payment saat menjual pulsa,” bebernya.

Lebih lanjut, dengan menjadi agen Obah Payment, mereka juga akan mendapatkan bimbingan bisnis dari narasumber yang merupakan pengusaha. Sehingga walaupun dimulai dari nol, para agen bisa mengetahui ilmu bisnis.

“Para agen akan kami bimbing. Dengan aplikasi ini juga tidak perlu mencatat penjualan secara manual karena sudah ada fiturnya di aplikasi, sehingga tinggal melihatnya saja,” tandasnya.

Dari harga produk Obah Payment ini juga terbukti lebih murah dibandingkan dengan aplikasi yang sudah ada seperti Link Aja atau Ovo. Untuk menjadi agen bisa mulai dengan mendaftar paket “New Member” biaya Rp. 50.000,00 akan mendapatkan saldo Obah Payment 40.000. Atau paket “Best Seller”
dengan biaya Rp. 300.000,00 agen baru akan mendapatkan paket lengkap saldo 200.000 + banner iklan + kaos Obah Payment.

Ravi, yang saat ini masih aktif mahasiswa jurusan S1 Fisika Universitas Diponegoro ini berharap pengalaman-pengalamannya mengikuti kompetisi sains hingga level International ini dapat mengilhami banyak anak muda untuk mengikuti jejaknya menjadi pemuda yang cerdas secara intelektual maupun finansial (raviramadhani.com). (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *