Pleno KPU Tetapkan Paslon Afif – Albar Pemenang Pilkada Wonosobo

by -822 views

WONOSOBOZONE.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonosobo menetapkan hasil penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil bupati Kabupaten Wonosobo tahun 2020. Dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil penghitungan Perolehan Suara yang digelar di gedung Korpri pada Rabu (16/12/2020) ini, menetapkan pasangan Afif-Albar sebagai pemenang pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo 2020, dengan perolehan 269.789 suara, sementara Kolom Kosong memperoleh 153.605 suara.

Ketua KPU Wonosobo, Asma’ Khozin, menyebut bahwa jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pilkada Kabupaten Wonosobo 2020 sebanyak 681.161, adapun  jumlah Pemilih yang pindah memilih (DPPh) sebanyak 880,  jumlah Pemilih tidak terdaftar dalam DPT yang menggunakan hak pilih dengan KTP Elektronik atau surat keterangan (DPTb) atau pemilih tambahan sebanyak 655.

Asma’ menambahkan, bahwa pada pilkada kali ini terdapat 423.394 suara sah. Adapun jumlah suara tidak sah mencapai 29.698 suara. Jadi total dari suara sah dan tidak sah sebanyak 453.092 suara.

Hari ini adalah proses penetapan penghitungan, selanjutnya ada proses sengketa terhitung mulai hari ini sampai senin 21 Desember 2020 pukul 13.00. Jika tidak ada sengketa kita tinggal menunggu hasil dari Mahkamah Konstitusi (MK) bahwa tidak ada sengketa, dan baru penetapan Calon Terpilih,” jelasnya.

Pihaknya juga bersyukur, pasalnya hingga final penghitungan hari ini semua proses berjalan lancar, tidak ada keberatan dari Saksi maupun dari Bawaslu.

Semoga kedepan semua proses akan berjalan lancar, tidak ada sengketa dan menunggu hasil MK, sehingga kemungkinan di awal ataupun pertengahan Januari 2021 sudah bisa menetapkan calon terpilih,” tandasnya.

Sementara pada kesempatan itu, Plh Sekda Wonosobo, Sumaedi, SH, M.Si, saat membacakan sambutan Bupati pada pembukaan Rapat Pleno terbuka ini, menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih atas terselenggaranya Pesta Demokrasi, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo Tahun 2020, dengan baik, lancar, aman, damai, dan kondusif.

Ia just mengucapkan terima kasih atas partisipasi aktif seluruh Masyarakat Wonosobo, dalam rangka turut menyukseskan Pilkada tahun 2020 ini, baik yang telah menggunakan hak pilihnya dengan baik dan bertanggung jawab, maupun yang ikut membantu menjaga situasi wilayah tetap damai dan kondusif.

Sesuai dengan tahapan, program, serta jadwal Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang telah ditetapkan oleh KPU, kita telah  sampai kepada tahapan pelaksanaan Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara. Saya harap tahapan ini juga dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, jujur, dan penuh tanggung jawab. Dan kepada seluruh penyelenggara pemilu, serta setiap komponen masyarakat, untuk selalu mendukung, serta menerima hasil rekapitulasi perhitungan suara yang akan kita laksanakan hari ini. Sekaligus juga mendukung pasangan Bupati dan Wakil Bupati, yang ditetapkan menang dalam pemilihan, agar Wonosobo lebih maju, mandiri dan sejahtera,” pungkasnya. (why)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *