Masuki Hari Tenang, Bawaslu Copoti Ribuan APK

by -318 views

WONOSONOZONE.COM – Memasuki masa tenang menjelang proses pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo yang terhitung sejak hari Minggu 6-8 Desember 2020, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) melakukan kegiatan pencopotan dan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) yang terpasang disejumlah fasilitas Umum.

Pencopotan APK dilakukan secara serentak di 15 Kecamatan yang ada di Wonosobo oleh tim gabungan dari Bawaslu, KPU, yang juga melibatkan anggota personel dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, serta TNI dan Polri, Minggu (6/12).

Berdasarkan pendataan yang kita lakukan pada tanggal 4 Desember lalu, ada 11.269 APK dan Bahan Kampanye paslon serta 273 alat peraga ajakan kotak kosong. Itu harus ditertibkan semua sebelum pencoblosan,” ungkap Ketua Bawaslu Wonosobo Sumali Ibnu Chamid, saat dikonfirmasi melalui sambungan telpon, kemarin.

Sumali menyebut, selain di wilayah kabupaten dan kecamatan, penertiban APK juga dilakukan tiap desa dan TPS. Pengawas TPS diwajibkan melakukan patroli di wilayahnya untuk melakukan penertiban. Namun pihaknya masih menghitung jumlah APK yang berhasil ditertibkan sampai dengan hari Minggu sore kemarin.

Memasuki masa tenang, semua aktivitas kampanye harus dihentikan, termasuk APK dan bahan kampanye yang terpasang harus dibersihkan. Selama masa tenang semua pengawas juga diwajibkan mengawasi di wilayahnya. Tugasnya memastikan tidak ada aktivitas bentuk apapun selama masa tenang. Di antaranya praktek politik uang atau pengumpulan warga dalam rangka suksesi pemenangan calon,” terangnya lebih lanjut.

Sumali juga mengajak kepada semua warga yang sudah memiliki hak pilih, agar menggunakan sesuai pikiran dan hati nurani saat pilkada nanti. (why)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *