Wujud Aksi Bela Negara di Era Kekinian

by -214 views

WONOSOBOZONE.COM – Kodim 0707/Wonosobo menyelenggarakan acara pembinaan kepada FKPPI ( Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia ) dengan mengusung tema “Aksi Bela Negara Keluarga Besar TNI di Era Kekinian”, di Aula Makodim setempat Selasa (17/11/2020).

Dalam pembukaannya Kasdim Mayor Caj Hanry Handoko menyampaikan FKPPI merupakan salah satu bagian dari KBT (Keluarga Besar TNI) harus memiliki jiwa kepemimpinan.  Jiwa kepemimpinan harus diterapkan dimanapun kita berada.  Jika itu diterapkan dengan tepat maka hidup kita akan nyaman. Karena bisa memposisikan diri kita bisa harus berbuat apa dan bagaimana.

FKPPI ( Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia ) adalah salah satu bagian dari KBT. Harus bisa memberi contoh dalam kehidupan dimasyarakat.  TNI sudah dipandang oleh masyarakat terkenal akan jalur komando yaitu patuh pada pimpinan.  Untuk itu jiwa tersebut harus tertanam dengan baik di setiap dada anggota FKPPI,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa berbicara tentang konsep bela negara berarti berbicara mengenai konstitusi, yaitu setiap warga negara berhak dan wajib membela negara. Hal ini terkandung dalam Batang Tubuh UUD `45, tepatnya pada pasal 27 ayat 3, dan pasal 30 ayat 1, yakni setiap warga negara  wajib membela negara.

Wujud nyata bela negara yang sedang dijalankan saat ini, kata Kasdim, adalah ancaman Covid 19 yang merupakan ancaman non militer. Karena Covid 19 ini adalah ancaman non militer, maka yang berhak dan wajib dihadapi adalah kita semua, bukan cuma militer saja.

Jadi saat ini terjadi pergeseran ancaman yang selama ini adalah ancaman militer menjadi ancaman non militer. Dan karena saat ini adalah ancaman non militer, maka yang lebih berkompeten dalam menghadapi Covid 19 ini adalah para medis, yakni dokter dan perawat. Merekalah yang ada di barisan depan untuk melawan ancaman non militer ini. Dan inilah merupakan wujud dari bela negara dalam menghadapi Pandemi Covid 19. Sedangkan FKPPI ikut mematuhi apa yang telah dianjurkan oleh Pemerintah yaitu patuhi protokol kesehatan. Itulah aplikasi kepemimpinan yang sebenarnya, yaitu mematuhi aturan yang ada,” tegas Kasdim.

Sementara itu, Ketua FKPPI Cabang Wonosobo Agus Purnomo menyampaikan terima kasih kepada Kodim yang telah mengadakan pembinaan terhadap anggota FKPPI dengan tujuan memupuk rasa bela negara di era kekinian. Hal Ini menurutnya menjadi modal yang sangat baik karena generasi muda mempunyai sifat yang belum matang, masih labil sehingga sangatlah tepat jika sering diberikan masukan dan bimbingan sehingga kelak dikemudian hari bisa menjadi pemimpin yang diandalkan.

Kami berpesan kepada semua saja agar tenang, pandemi ini kita hadapi dengan arif dan bijaksana. Dengan rasa tenang akan menumbukan imun kita menjadi kuat sehingga kita tidak mudah terserang penyakit,” pungkasnya. (why)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *