Aplikasi “Jelajah Wonosobo” Mudahkan Kunjungan Wisatawan

by -611 views

WONOSOBOZONE.COM – Pemerintah Kabupaten Wonosobo melalui Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan (Disparbud) baru saja melaunching aplikasi berbasis digital bernama “Jelajah Wonosobo”. Aplikasi tersebut secara khusus berisi tentang detail informasi terkait wisata yang ada di Wonosobo.

Acara launching aplikasi “Jelajah Wonosobo” yang dilakukan di Ruang Mangoenkusumo Setda pada Kamis (12/11/2020) tersebut, juga turut dihadiri oleh Bupati Wonosobo Eko Purnomo, Plt Kepala Disparbud Kristiyanto, serta sejumlah awak media.

Melalui aplikasi yang sudah bisa di download pada playstore tersebut warga Wonosobo dan wisatawan bisa menjelajahi tempat-tempat wisata kuliner, wisata kampung, wisata heritage dan pusat perbelanjaan. Dalam aplikasi ini, kami koneksikan antara wisata satu dengan lainnya, sehingga orang luar daerah atau wisatawan dapat mengakses dengan mudah untuk mendapatkan informasi seputar hotel, UKM dan agenda pariwisata Pemkab Wonosobo,” terang Plt Kepala Disparbud Wonosobo Kristiyanto.

Kristiyanto menyebut, aplikasi tersebut juga akan menjadi salah satu sarana promosi destinasi wisata di Wonosobo, karena satu tempat wisata akan berkaitan dengan wisata lainnya.

Harapannya tentu masyarakat luas bisa lebih mengenal Wonosobo, bukan hanya wisatanya tapi juga kulinernya, serta budayanya,” ujarnya.

Selama adanya pandemi Covid-19, diakui Kristiyanto sektor pariwisata Wonosobo menjadi salah satu yang terdampak dari segi jumlah kunjungan wisata. Kris menyebut bahkan penurunan kunjungan Wisatawan ke Wonosobo sejak adanya pandemi Covid-19 mencapai angka 70%. Padahal sektor pariwisata merupakan salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar di Kabupaten Wonosobo.

Dengan dilaunchingnya aplikasi tersebut diharapkan pariwisata Wonosobo dapat kembali bergairah dan serta dapat meningkatkan roda perekonomian masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Wonosobo Eko Purnomo, mengapresiasi dilaunchingnya aplikasi “Jelajah Wonosobo” tersebut. Menurutnya aplikasi tersebut dapat mempermudah dan bisa menjadi panduan bagi wisatawan yang akan berkinjung ke Wonosobo.

Semoga ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri bagi para pelaku wisata serta harapannya juga melalui kegiatan ini kita bisa menciptakan pasar digital yang mampu beradaptasi dengan Situasi pandemi Covid-19 dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan demi keselamatan bersama,” pungkasnya. (alf/why)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *