Lawan Kotak Kosong, Masyarakat Diajak Tetap Nyoblos

by -423 views

WONOSOBOZONE.COM – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo periode 2020-2024 tak lama lagi bakal digelar pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang. Pada ajang pesta demokrasi lima tahunan tersebut, Pilkada Wonosobo tahun ini hanya diikuti oleh satu Pasangan Calon (Paslon) yakni Afif Nur Hidayat – Muhammad Albar yang akan bertarung menghadapi kotak kosong.

Adanya calon tunggal pada Pilkada kali Wonosobo kali ini dikhawatirkan akan menurunkan partisipasi masyarakat dalam menentukan pilihan. Oleh sebab itu, penyelenggara pemilu diminta agar bekerja keras untuk terus mensosialisasikan pilkada di daerah yang memiliki calon tunggal. Hal tersebut di ungkapkan oleh Calon Bupati Wonosobo Afif Nur Hidayat saat ditemui dikediamannya, beberapa hari lalu.

Meski demikian, pihaknya juga akan tetap berupaya untuk mengajak masyarakat agar tidak golput pada saat berlangsungnya Pilkada nanti. Karena menurutnya, kesuksesan sebuah Pilkada dapat diukur dari tingkat partisipasi masyarakat yang tinggi.

Karena tujuan Pilkada adalah bagaimana masyarakat secara langsung hadir memberikan suaranya, kalau persoalan pilihan itu juga hak mereka untuk menentukan,” ujar Afif.

Dengan hanya dirinya bersama Muhammad Albar yang telah ditetapkan sebagai calon tunggal, Afif menyebut hal ini tentunya akan sangat membantu masyarakat secara psikologis. Setidaknya, dengan lawan kotak kosong akan mengurangi tensi dan dinamika sosial yang kerapkali muncul ketika Pilkada diikuti lebih dari satu paslon. Dengan begitu, otomatis juga akan mengurangi perhatian sehingga masyarakat bisa lebih fokus bagaimana menjalankan protokol kesehatan sehingga pandemi Covid-19 bisa segera berakhir.

Ini juga bagian dari demokrasi bahwa kotak kosong merupakan sesuatu yang telah di atur undang- undang. Jadi masyarakat harus tetap digerakan untuk datang ke TPS mengunakan hak pilihnya,” ajaknya.

Diketahui sebelumnya, Paslon tunggal Pilkada Wonosobo kali ini yakni Afif Nur Hidayat dan Muhammad Albar merupakan mantan ketua dan wakil ketua DPRD Kabupaten Wonosobo yang mendapat dukungan mayoritas partai politik (Porpol) yang tergabung dalam koalisi besi.

Afif-Albar diusung sebanyak 7 partai politik dari 10 partai politik yang memperoleh kursi di DPR Wonosobo. Di antaranya adalah PDI Perjuangan (12), PKB (10), PAN (2), Nasdem (3), Hanura (2), Demokrat (3) dan Golkar (4).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *