Antisipasi Bencana Alam, Pemkab Wonosobo Gelar Apel Siaga Bencana

by -206 views

WONOSOBOZONE.COM – Pemerintah Kabupaten Wonosobo menggelar apel kesiapsiagaan bencana, Selasa (27/10/2020). Apel yang dilaksanakan di halaman gedung Sasana Adipura Kencana tersebut, diikuti jajaran Forkompinda, TNI, Polri, BPBD, Basarnas, PMI dan relawan.

Kepala BPBD Kabupaten Wonosobo, Zulfa Akhsan Alim Kurniawan menjelaskan, bahwa apel siaga penanggulangan bencana yang diselenggarakan ini, dimaksudkan untuk mengecek kesiapan personil dan kelengkapan sarana prasarana TNI-Polri, Pemkab Wonosobo beserta unsur terkait dalam rangka mengantisipasi bencana alam. Dengan harapan semua perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan sebagaimana yang diharapkan.

Selain itu, pemetaan wilayah rawan bencana juga telah disiapkan sebagai langkah antisipasi, seperti daerah yang rawan tanah longsor dan banjir dan lainnya. Dalam rangka menghadapi bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan puting beliung,” terang Zulfa.

Dirinya juga berpesan kepada kepada tim siaga bencana, untuk menyiapkan mental fisik dengan komitmen moral dan disiplin, sehingga dapat memberikan pelayanan penanggulangan secara cepat dan tepat.

Kenali dan kuasai situasi medan, sehingga tidak ada korban dari petugas dan masyarakat. Untuk masyarakat, laporkan secepatnya apabila terjadi bencana, agar Pemkab mengambil langkah cepat untuk mencegah terjadinya korban dan kerugian material,” tandasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagiyo menyampaikan bahwa Kabupaten Wonosobo merupakan daerah yang rawan bencana, terutama memasuki musim penghujan, bahaya longsor dan angin puting beliung selalu mengancam. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Wonosobo melalui BPBD akan mengoptimalkan seluruh potensi yang ada untuk menghadapi kemungkinan terjadinya bencana tersebut.

“Penanggulangan bencana dan pengurangan resiko bencana, merupakan tanggung jawab bersama, untuk itu, perlu adanya peningkatan upaya pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana alam, pensinergian langkah, salah satunya melalui kegiatan Apel Kesiapsiagaan Bencana lintas sektor, saat ini,” ungkap Agus.

Wabup juga menambahkan, perbaikan di semua elemen, dan pembangunan sistem penanggulangan bencana terus dilakukan, demi peningkatan upaya penanggulangan bencana yang semakin baik di Wonosobo. Mulai dari regulasi, kelembagaan, perencanaan, pendanaan, peningkatan kapasitas, dan penyelenggaran penanggulangan bencana, mulai bangkit dan berkembang.

Diharapkan kepada seluruh stakeholders, khususnya kepada seluruh satuan pendukung penanggulangan bencana, untuk mengefektifkan komunikasi, memaksimalkan kerjasama, serta menyamakan persepsi, sehingga ke depan dampak bencana dapat di eliminir sedini mungkin,” pungkas. (why)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *