Semakin Melonjak, Kasus Konfirmasi Positif Covid-19 Lampaui Seribu

by -629 views

WONOSOBOZONE.COM – Jumlah Kasus Konfirmasi Positif COVID-19 di Kabupaten Wonosobo akhirnya menembus angka 1.001 pada Jumat (16/10/2020). Pertambahan sebanyak 122 kasus sepanjang sepekan terakhir, memicu akumulasi total penderita COVID 19 di Kabupaten sejuk ini hingga melebihi 1.000.

Pelaksana Tugas Kadinkes, dr Muhammad Riyatno melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, DR Jaelan menjelaskan penyebab lonjakan kasus tersebut tak lepas dari masih belum optimalnya kepatuhan warga masyarakat terhadap Protokol Kesehatan Pencegahan COVID-19, serta mulai munculnya penolakan terhadap upaya tracing dengan uji swab.

“Situasi saat ini sangat berbeda dengan pada awal gelombang pertama serangan COVID-19, dimana sepanjang 4 bulan kami hanya menemukan 83 kasus konfirmasi positif, karena pada waktu itu screening dan tracing hingga mencapai puluhan ribu sangat kondusif,” terang Jaelan, saat dikonfirmasi melalui sambungan telpon, Jumat (16/10).

Kondisi pandemi gelombang kedua saat ini, menurut Jaelan sangat berbeda karena kehidupan sudah berjalan seperti biasa, sementara warga kurang menyadari bahwa ancaman virus yang juga dikenal dengan Sars COV-2 itu masih berada di sekelilingnya.

3 M plus sebenarnya mutlak harus menjadi kedisiplinan warga yaitu dengan tetap mengenakan masker saat beraktifitas di luar rumah, mencuci tangan menggunakan sabun atau sanitizer usai kontak dengan benda-benda, serta menjaga jarak interaksi sosial dan menjauhi kerumunan demi meminimalkan kontak dengan potensi resiko,” bebernya.

Ia juga menyayangkan perilaku sebagian pihak yang masih menganggap COVID-19 tidak ada, atau sekedar konspirasi, karena hal itu sangat beresiko menjadi pemicu kelengahan terhadap potensi penularan, dan bahkan membuat kasus dengan gejala berat terus meningkat.

Sebagian besar pasien di rumah sakit mengarah pada gejala sedang dan berat, sehingga potensi resiko hingga kematian juga akhirnya semakin tinggi,” urainya.

Saat ini, jumlah kematian di Wonosobo disebut Jaelan mencapai 49 orang, atau secara prosentase ada di angka 4,89 %. Dengan situasi seperti itu, pihak Gugus Tugas Kabupaten, ditegaskannya terus menekankan pentingnya warga agar taat terhadap Protokol Kesehatan Pencegahan COVID-19 melalui 3M, serta kooperatif saat petugas mengupayakan uji swab pada kontak erat konfirm positif.

Bagi warga masyarakat yang merasa memiliki kontak erat dengan COVID-19 positif, kami minta agar secara sadar melakukan uji swab, dan kami siap melayani berapa ribu pun permintaan swab,” tegasnya.

Penemuan dini melalui uji swab yang lebih cepat, disebut Jaelan akan sangat mengurangi potensi resiko yang lebih fatal. (why/ard)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *