TMMD Kwadungan Bangun Senderan Dan Drainase

by -142 views

WONOSOBOZONE.COM – TMMD Sengkuyung Tahap III tahun 2020 di Desa Kwadungan Kecamatan Kalikajar selain membuat pengerjaan pengerasan jalan juga membuat dua buah senderan dan saluran drainase.

Dansatgas TMMD Kapten Inf Panut menjelaskan dua buah senderan yang dibangun tersebut dengan ukuran masing-masing 25 M X 0,3 M X 3,4 M dan  Ukuran 53 M X 0,3 M X 2 M. Sedangkan untuk pengerjaan drainase ukuran 52 M X 1M X 0,8 M.

Pembuatan senderan ini sangat penting karena jalan yang dibuat bekas saluran air,  pinggir dari jalan tersebut ada sungai kecil, sehingga apabila tidak dibuat senderan, jika dilalui kendaraan bermuatan maka akan mengakibatkan longsor dan membahayakan penggunanya. Untuk itu sebelum longsor agar jalan kuat dilalui maka harus dibuatkan senderan,” teranngnya.

Selain itu, tujuan pembuatan drainase menurut Kapten Inf Panut adalah agar aliran air tidak menggerus badan jalan. Pasalnya jika cuaca tidak hujan air kecil, akan tetapi jika hujan maka debit air akan meningkat, sehingga apabila dibiarkan maka akan menggerus badan jalan. “Apabila itu terus terjadi otomatis jalan akan rusak,” imbuhnya.

Lebih lanjut disampaikan, pembuatan senderan dan saluran drainase ini diharapkan bangunan yang dibuat mempunyai keamanan dan masa pakai yang lama.  “Sebab keamanan sudah dipikirkan dan dikerjaan bersamaan dengan sasaran pokok yaitu pengerasan jalan,” pungkasnya. (why)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *