Buka Toko Jualan Produk Hasil Kreasi Anggota, Cara FKPPI Wonosobo Siasati Pandemi COVID-19

by -536 views

WONOSOBOZONE.COM – Pandemi wabah COVID 19 yang telah berlangsung 8 bulan terakhir memukul hampir semua sendi perekonomian, hingga menyebabkan perlemahan geliat usaha warga masyarakat. Menyikapi kondisi tersebut, forum Komunikasi putra putri Purnawirawan ABRI dan Polri (FKPPI) Kabupaten Wonosobo memutuskan untuk tetap optimis, dengan memberdayakan potensi dan kreatifitas anggotanya.

Melalui diskusi dan musyawarah dilandasi semangat untuk bangkit di tengah pandemi, sebuah kios di kawasan terminal Mendolo akhirnya dibuka pada Sabtu (3/10/2020). Kios Dedeh Handayani di Blok E-3 itu menjadi media untuk menjual produk-produk hasil kreasi anggota FPPI PC 1122 Wonosobo, mulai dari kreasi kerajinan, kuliner hingga kebutuhan pokok masyarakat.

Ketua PC 1122, Agus Purnomo menyebut upaya itu menjadi inovasi demi menggeliatkan perekonomian anggotanya, sehingga meski di tengah keprihatinan menghadapi dampak pandemi, mereka tetap semangat berkreasi dan produktif.

Tujuan dibukanya kios ini, selain untuk mengatasi kesulitan ekonomi teman-teman FKPPI di masa pandemi COVID 19, juga akan menjadi media berkumpul dan saling diskusi, sehingga nantinya akan dihasilkan produk produk ekonomi baru yang laris di pasaran,” jelas Agus saat ditemui di seusai pembukaan Kios.

Anggota FKPPI Wonosobo yang memiliki beragam profesi, diakui Agus banyak yang terimbas COVID 19, seperti yang biasa menjadi MC hajatan pernikahan, saat ini terpaksa lebih sering menganggur lantaran sepi order, dan kemudian memutuskan membuat produk olahan bakso goreng. Ia berharap seluruh anggotanya bisa berkontribusi terhadap kemajuan kios sehingga nantinya mereka semua turut merasakan hasilnya.

Kepada jajaran FKPPI, Agus juga berpesan agar tak lupa untuk senantiasa menaati Protokol Kesehatan selama beraktifitas di Kios, demi menghindari potensi paparan virus korona. Kios baru tersebut menurutnya juga telah dilengkapi fasilitas pendukung standard Protokol Kesehatan, yaitu keran cuci tangan beserta sabunnya yang dapat digunakan para pengunjung.

Bersamaan dengan pembukaan Kios, Agus juga menuturkan para anggota bersepakat untuk turut berpartisipasi dalam upaya mengatasi dampak pandemi, yaitu dengan berbagi sebagian rezeki mereka kepada sesama.

Kami membagikan paket sayur-sayuran dan juga nasi bungkus untuk warga terminal Mendolo demi meringankan beban kehidupan mereka, meski tidak seberapa,” jelas Agus.

Salah satu anggota senior FKPPI Wonosobo, Dedeh yang juga mantan anggota DPRD juga mengaku merasa senang dan bangga melihat anak anak FKPPI bisa saling bekerjasama dan diskusi di kios nya, sehingga kedepan mereka dapat saling bersinergi untuk menguatkan perekonomian keluarganya. (why)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *