Beli Sayuran Langsung Ke Petani, Dibagi Gratis Ke Kaum Dhuafa

by -194 views

WONOSOBOZONE.COM – Program Canthelan Jumat Berkah yang telah berlangsung sejak awal masa pandemi COVID-19 di Pendopo Wakil Bupati Wonosobo, turut berkontribusi menjadi solusi bagi terpuruknya komoditas pertanian lokal.

Koordinator program, Ani Agus Subagiyo menyebut pihaknya langsung membeli komoditas sayuran dari petani lokal, yang beberapa waktu ini mendapat pukulan karena harganya jatuh di titik terendah sehingga banyak yang tak terserap pasar.

“Dari para petani kami membeli sayuran yang tidak terserap pasar dengan harga yang wajar sehingga mereka tidak mengalami kerugian, kemudian kami bungkus dalam paket-paket untuk dibagikan gratis kepada warga masyarakat, khususnya kaum dhuafa yang saat ini masih mengalami kesulitan lantaran pandemi COVID-19 berkepanjangan,” tutur Ani, saat ditemui di sela kegiatan Canthelan Berkah, di halaman Pendopo Wabup, Jumat (25/9/2020).

Buruh gendong, kusir dokar, pedagang keliling, hingga pengemudi ojek online dan warga umum lainnya diakui Ani termasuk yang menjadi sasaran program Canthelan berkah.

Menanggapi solidaritas yang digalang kaum ibu untuk warga masyarakat tedampak COVID-19 tersebut, Wakil Bupati Agus Subagiyo mengaku sangat apresiatif. Adanya kemerosotan harga pertanian yang memukul ekonomi para petani Wonosobo, diakui Agus saat ini juga telah direspon pemerintah Kabupaten dengan upaya menggandeng BUMD, TNI dan Polri untuk bisa membeli komoditas pertanian dengan harga wajar, untuk kemudian didistribusikan dalam kemasan seharga Rp 10.000 per paket kepada para ASN dan anggota TNI-Polri.

Dengan upaya tersebut, ditambah adanya kepedulian dari kelompok-kelompok komunitas yang bersedia turut membantu kesulitan para petani, Agus optimis masa-masa sulit yang harus dihadapi gegara COVID-19 ini akan bisa  dilalui. (why)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *