Teknologi Informasi Ibarat Dua Mata Pisau, Pemuda Harus Sikapi Era Globalisasi

by -114 views

WONOSOBOZONE – Ratusan peserta terlihat mengikuti kegiatan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019 di halaman Pendopo Bupati, Senin (28/10) pagi. Ratusan peserta tersebut berasal dari berbagai kalangan, di antaranya ASN, TNI-Polri, Pelajar, maupun komunitas.

Pada Peringatan Sumpah Pemuda kali ini bertemakan, “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda, yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

Bupati Wonosobo Eko Purnomo yang bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) menyampaikan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Bupati mengajak momen peringatan hari Sumpah Pemuda sebagai motivasi bersama, dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, serta meneladani semangat para generasi pemuda di jaman pra maupun pasca kemerdekaan. “Terutama dalam menyikapi berbagai persoalan bangsa, negara, dan kemasyarakatan yang ada dengan penuh arif dan bijaksana” kata Bupati


Selain itu Bupati berpesan kepada para generasi pemuda agar pandai memilah dan memilih dalam menyikapi perkembangan jaman di era globalisasi. Pesatnya kemajuan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi, sehingga memungkinkan pengembangan sumber daya serta daya saing.

Namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme, juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan, dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.


Lebih lanjut Bupati menambahkan, pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja ikhlas, dan tuntas.

Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional,” pungkasnya. (Why)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *