PLN Dengan Stakeholder Harus Bersinergi Dukung Pembangunan Ekonomi

by -75 views

WONOSOBOZONE – Upaya untuk meningkatkan sinergi dengan pelanggan, PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Purwokerto mengadakan acaranya Multi Stakeholder Forum PLN 2019, di wilayah Kabupaten Wonosobo.

Dengan tema, “Sinergi Terangi Negeri”, acara tersebut dihadiri oleh Bupati Wonosobo Eko Purnomo, Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Purwokerto Armunanto, serta sejumlah pejabat OPD Kabupaten Wonosobo di Pendopo Bupati, Rabu (23/9).

Sistem penyaluran listrik ke Kabupaten Wonosobo saat ini melalui dua gardu induk, yakni di Kecamatan Wonosobo dan di Dieng Kecamatan Kejajar. Di dua gardu induk tersebut, saat ini sangat melimpah sisa beban listriknya untuk mensuport pembangunan di Kabupaten Wonosobo. Hal tersebut diungkapkan oleh Armunanto, selaku Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Purwokerto.

Armunanto menyebut, dengan total kapasitas 120 MVA/108 MW, dimana listrik yang dipakai masyarakat saat ini adalah 40,7 MW/27 MW, sehingga masih terdapat cadangan 79,26 MW/73 persen. “Dengan cadangan sebesar itu, masih ada sekitar 200 persen dari listrik yang dipakai masyarakat saat ini di dua gardu induk yang ada,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Armunanto, kegiatan ini diharapkan dapat menjalin komunikasi dengan pemerintah daerah, terutama menjembatani kemudahan investasi dari para investor. Hal ini penting dilakukan, sebab bila nanti investor semakin mudah berinvestasi di Wonosobo maka nanti salah satunya membutuhkan listrik.

Sehingga mereka mempunyai gambaran ternyata Wonosobo itu masih sangat prospek untuk investasi, dan kami pun ikut mendukung sarana dan prasarana untuk listriknya, sehingga kesejahretaan ekonomi masyarakat bisa lebih baik” imbuhnya.

Sementara itu Bupati Wonosobo Eko Purnomo menyambut baik kehadiran PLN dalam acara ini. Dijelaskan, bahwa listrik merupakan salah satu komponen utama dalam menunjang kinerja pemerintahan Kota Wonosobo, karena saat ini seluruh proses bisnis mulai dari perijinan hingga tata usaha telah berbasis dalam jaringan.

Sehingga membutuhkan jaringan internet serta pasokan listrik yang lancar untuk mengoperasikan peralatan kerja,” kata Bupati.

Bupati juga mengungkapkan, saat ini pertumbuhan industri sedang berkembang di Jawa Tengah khususnya di Wonosobo. Maka dari itu Sinergi antara PLN, pemerintah sebagai regulator dan para investor/pengusaha dalam menggerakkan roda perekonomian diharapkan dapat memberikan manfaat yang baik bagi pertumbuhan ekonomi.

Kami harap masing-masing pihak dapat memberikan kontribusi positifnya untuk mencapai tujuan yang diinginkan yaitu sinergi antar stakeholder guna mendukung pertumbuhan ekonomi khususnya di Kota Wonosobo” pungkasnya. (Why)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *