SD Muhamadiyah Sudagaran Jadi Yang Terbaik Lomba Budaya Mutu Tingkat Nasional

by -9 views

WONOSOBOZONE – Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Sudagaran Wonosobo berhasil meraih predikat Juara pertama, alias menjadi yang terbaik dalam lomba budaya mutu sekolah tingkat Nasional yang digelar di Surabaya, (15-18) Oktober 2019.

Dalam lomba yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tersebut, SD Muhammadiyah Sudagaran mampu menyisihkan tak kurang dari 120 sekolah mulai dari SD Negeri rujukan, SD Negeri, SDN 3T, maupun SD Swasta dari seluruh Indonesia.

Kepala SD Muhammadiyah Sudagaran, Sukaryo ketika ditemui di ruang kerjanya pada Sabtu (19/10) menyebut hasil tersebut tak lepas dari keunggulan yang dimiliki sekolah, utamanya dengan adanya Kelas Maya.

Setelah kami presentasi, salah satu dewan juri mengungkapkan ketertarikan terhadap program kelas maya dan menanyakan bagaimana kami mendidik siswa sehingga tidak sampai salah arah,” tutur Sukaryo.

Kelas Maya, menurut Sukaryo merupakan program yang justru untuk mengakomodasi kegemaran anak di era teknologi informasi, agar benar-benar mampu mendapatkan manfaat positif dari gawai, khususnya smartphone berbasis android yang kini menjadi teman keseharian para siswa.

Penggunaan gawai dalam pembelajaran kelas maya yang diprogramkan sekolah ada dua hal, yaitu yang pertama bentuk belajar di rumah dengan pendampingan orangtua dan belajar di sekolah dengan didampingi guru,” terangnya.

Pihak sekolah, ditegaskan Suakryo berharap dengan adanya kelas maya yang dapat di akses via android, akan mampu memberikan muatan positif dalam penggunaan gawai yang sudah tak terbendung seperti saat ini.

Selain program unggulan kelas Maya, Sukaryo meyebut keikutsertaan dalam lomba budaya mutu Nasional tersebut juga ditopang oleh berbagai keunggulan komponen, seperti adanya program Student Exchange dengan Malaysia, Multi Ekskul dan keunggulan robotiknya, UKS dengan layanan psikologi yang bekerjasama dengan RS PKU Muhammadiyah Wonosobo, serta kenyamanan ruang perpustakaannya.

Ternyata komponen pembelajaran mendapat perhatian khusus sehingga mampu memperoleh nilai tinggi sehingga Alhamdulillah kami mampu meraih juara I tingkat Nasional tahun 2019 ini.” beber Sukaryo.

Sebelum masuk ke putaran grand final Lomba Budaya mutu Nasinal di Surabaya, SD Muhammadiyah Sudagaran telah menjalani proses sejak dari pengiriman portofolio dan dilajutkan tahap visitasi.

Kontributor : Danang Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *