KPU Wonosobo Anggarkan 40,7 M untuk Pilkada 2020

by -208 views

WONOSOBOZONE – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonosobo memperoleh anggaran sebesar Rp 40,7 miliar. Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemkab dengan KPU Wonosobo, telah menyepakati jumlah anggaran tersebut.

Menurut Ketua KPU Wonosobo, Asma Khozin, mengatakan, anggaran Pilkada serentak untuk KPU tersebut sangat mahal. Dari sebesar Rp 40,7 miliar itu paling banyak untuk membiayai ad hoc yang terdiri dari PPK serta sekretariatan, PPS serta kesekretariatan, KPPS dan Linmas di dalam TPS dengan total sekitar Rp 22 miliar atau setara dengan 53 persen dari total anggaran.

Melalui anggaran pilkada yang cukup besar itu, Azma bersama KPU mengajak masyarakat untuk memilih pemimpin yang berkualitas serta menghindari politik uang.

Coba kalau anggaran 40,7 miliar ini untuk mengaspal jalan, maka sudah bisa berapa panjang jalan bisa diaspal. Makanya masyarakat juga harus bisa belajar dengan anggaran Pilkada sebesar itu ya dalam memilih bupati harus yang bisa benar-benar merealisasikan gagasan,” katanya, saat menggelar konferensi pers di kantor KPU setempat, Kamis (17/10).

Untuk anggaran terbesar kedua dikatakan Azma, ada di pengadaan logistik yaitu total 7,6 miliar. Kemudian disusul sosialisasi dan kampanye ada sekitar 3 miliar, untuk teknis itu ada sekitar 2 miliar. “Sementara untuk pendampingan hukum ada sekitar 1 miliar,” imbuhnya.

Selain itu KPU juga akan mempubliskannya ke masyarakat melalui berbagai media, salah satunya adalah melalui 10 titik baliho. Anggaran sebesar Rp 40,7 miliar yang digunakan KPU untuk penyelenggaraan Pilkada akan diumumkan di papan tersebut. Dengan begitu, supaya publik tahu kalau ongkos demokrasi itu sangat mahal.

Transparansi anggaran menjadi hal yang penting dan hal ini bukan menjadi hal yang baru bagi KPU Wonosobo, karena sudah dilakukan dalam Pemilu serentak tahun 2019,” tandasnya. (Ard/Why)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *