Kompor Wi-Fi karya warga kota Magelang

by -39 views

Magelang – Melansir gatra.com purwarupa kompor wifi bikinan warga kota Magelang itu sudah memasuki tahap pengembangan di Akademi Perindustrian (Akprind) Yogyakarta.

Dalam temuannya itu, Patra memodifikasi penanak nasi listrik dengan bantuan perangkat elektronik internet of things (IoT) yang memungkinkan pengoperasian lewat jaringan wifi.

Untuk mendukung pengoperasian kompor wifi, ia membangun aplikasi online sendiri yang diberi nama Lintang. Melalui aplikasi itu kompor wifi dapat dinyalakan atau dimatikan meski pemiliknya sedang berada jauh di luar rumah.

Aplikasi Lintang juga menampilkan data jumlah daya yang digunakan kompor wifi. Data tersebut dapat disimpan sebagai bahan mengontrol penghematan listrik.

Menurutnya setelah melalui tahap pengembangan di Akprind Yogyakarta, kompor wifi akan melewati proses analisis bisnis dan penjaringan investor. Tahap itu akan menentukan apakah kompor wifi layak diproduksi masal dan siap dijual ke pasaran.

Berkat inovasinya itu, Ia berhasil menjadi salah satu finalis lomba Krenova Kota Magelang. Semoga karya Putra dapat bermanfaat bagi banyak orang ya.

Sc: gatra.com/Angga Haksoro Ardhi/Andhika Dinata

#inovasi #magelang #magelangzone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *