Di Jemput Ke Wamena, Puluhan Warga Tiba Di Wonosobo

by -28 views

WONOSOSBOZONE – Sebanyak 31 orang Warga Wonosobo yang terdiri dari 16 orang dewasa, 12 anak dan 3 balita dipulangkan dari Wamena Papua. Kedatangan mereka disambut oleh Wakil Bupati  Ir. Agus Subagiyo, M.Si bersama Dandim 0707 Wonosobo Letkol C.Zi., Wiwid Wahyu Widayat, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, serta beberapa Camat di Pendopo Bupati selasa (15/10) siang.


Karena melihat kondisi Wamena yang tidak kondusif, dan dengan pertimbangan keselamatan, Pemerintah Kabupaten Wonosobo bekerjasama dengan TNI, POLRI melakukan penjemputan terhadap warganya.

Menurut Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Wonosobo Isnanto mengatakan, Ada 16 keluarga yang harus dipulangkan saat itu. Sehingga Bupati sebagai pimpinan Daerah memerintahkan langsung untuk segera menjemput  ke Wamena.


Sesuai perintah Pak Bupati, saya harus melakukan tugas kemanusiaan dan tugas negara untuk menjemput sodara kita warga Wonosobo yang berada di Wamena”, terang Isnanto.


Isnanto juga menjelaskan, penjemputan harus melalui perjalanan yang panjang, dan proses penjemputan pun tidaklah mudah,  namun dengan dukungan berbagai pihak, Tim berhasil membawa pulang mereka ke Wonosobo. Tetapi, masih ada 7 orang yang belum bisa dipulangkan karena masih dibutuhkan di sana sebagai Imam masjid.

 
Ada tujuh orang yang belum bisa ikut pulang, dikarenakan mereka masih dibutuhkan, sebagai Imam Masjid. Namun keamanan dijamin oleh aparat setempat baik militer maupun Kepolisian, karena mereka sebagai Imam Masjid aparat”, tambahnya.


Wakil Bupati Agus Subagiyo mengucapkan selamat datang kembali kepada mereka, karena mereka adalah bagian dari keluarga Wonosobo yang harus menjadi tanggungjawab dan perhatian Pemerintah Daerah.”Selamat datang kembali di Wonosobo, karena anda semua adalah warga kami keluarga kami yang harus mendapat perhatian dan menjadi tanggung jawab kami”, tegasnya.


Hal senada juga disampaikan Dandim 0707 Wonosobo. Dengan puji syukur kepada Tuhan dan atas kerja cepat dan kerjasama yang baik penjemputan bisa terlaksana dengan lancar. Dengan harapan usaha yang dikerjakan di Wamena, menjadi jihad bagi mereka. Dan sekembalinya ke Wonosobo agar segera bangkit dan kembali berbaur dengan warga yang lain untuk bermasyaralat.

Selamat datang kembali, dan segera bangkit lagi disini, yang sudah dirintis disana silahkan lanjutkan di sini cari celah yang ada, jangan patah semangat, mari bersama-sama bangun Wonosobo untuk lebih baik lagi, mari  berusaha lagi agar bisa membatu sesama, siapa saja yang membutuhkan“, tutupnya.


Sementara itu perwakilan rombongan keluarga dari Wamena, Aziz, menyampaikan tetimaksaih kepada Pemerintah karena usahanya menjemput mereka. “Kami semua ucapkan terimakasih yang sebesar besarnya, kepada Pemerintah, semoga kedepanya Pemkab Wonosobo menjadi tauladan bagi Daerah lainya, karena baru Kabupaten Wonosobo yang memikirkan dan bergerak menjemput langsung ke wamena, karena daerah lain hanya melalui jalur provinsi“, jelasnya. (Why)

Kontributor : Apri Supriyatno

Editor : Wahyu Tri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *