Kids Composser, Media Interaktif Cerdas Musikal Akan Diujikan di PAUD Universal AGAPE Kids Wonosobo

by -357 views

WONOSOBOZONE – Tim Pengembang PP PAUD dan Dikmas Jawa Tengah sedang mengujicobakan hasil pengembangan media pembelajaran terkait dengan musik di tiga sekolah di Jawa Tengah, salah satunya adalah di PAUD Universal Agape Kids Wonosobo. Media interaktif berbasis android dengan nama Kids Composser, Media Interaktif Cerdas Musikal ini diperkenalkan tadi siang (26/9) di hadapan guru-guru dan perwakilan wali murid PAUD Universal Agape Kids.

Aniek Sugiyanti, salah satu tim pengembang PP PAUD dan Dikmas Jawa Tengah menjelaskan latar belakang munculnya media pembelajaran ini, beberapa diantaranya adalah kondisi dimana anak usia dini berada di masa perkembangan dan membutuhkan stimulasi yang tepat sesuai usia lewat bermain yang menyenangkan. Ditambah, berbagai penelitian yang mengkaitkan kecerdasan musikal sebagai salah satu kecerdasan yang bisa mengembangkan kecerdasan di segala aspek. Untuk itulah, kemudian media interaktif ini dibuat dengan menggabungkan konsep musikal dan teknologi. Dia mengungkapkan, bahwa tiga sekolah yang diujicoba, adalah tiga sekolah dengan karakter yang berbeda-beda.

“Pertama kami melihat Agape sering bekerja dengan kami, di kegiatan yang terlibat tentang musik. Dan kami butuh model kami ini bisa diujicobakan di sebuah TK yang memang ada kelebihannya tentang musik. Karena, di tiga sekolah yang kami pilih ini dengan karakteristik yang berbeda-beda, untuk bisa compare. Nhah kami ingin melihat, jika diterapkan di TK yang memang kelebihannya di musik, guru-gurunya paham musik, bagaimana hasilnya.”, imbuhnya.

Dijelaskan pula oleh Aniek, ada beberapa tahapan yang dilewati untuk membangun model tersebut, beberapa diantaranya melewati proses FGD, ujicoba operasional dan nanti akan melewati proses validasi.

“Setelah validasi, kami mempertanggungjawabkan hasil di Direktorat, setelah mendapatkan legalitas untuk bisa didesiminasikan, lalu kami mengadakan seminar dengan kepersertaan umum dan gratis. Lalu setelah itu kami akan sosialisasikan model kami ke beberapa PAUD yang ada di Jawa Tengah. Karena model kami berbasis Android, maka akan kami minta ijin coba desiminasi lewat playstore, jadi bisa diakses masyarakat luas. Target kami bulan November, sudah maju validasi. Dan revisi-revisi terkait aplikasi sudah selesai di bulan Oktober”, tambah Aniek.

Turut hadir pula, Abdullah, Kepala Bidang Paud, Pendidikan Masyarakat, Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Wonosobo yang mengapresiasi dengan adanya ujicoba operasional media Kids Composser.

“Saya mengapresiasi dengan metodologi terkait musik. Karena, PR kita adalah bagaimana cara mendidik, mengsinkronkan cara pendidikan di sekolah dan di rumah. Semoga kegiatan ini bisa efektif untuk membentuk kecerdasan anak dan saat seminar nanti bisa melibatkan banyak pihak sehingga bisa diimplementasikan ke semua lini”, ucap Abdullah dalam sambutannya.

Penyelenggara PAUD Universal Agape Kids, Benyamin Agustinus menyambut baik dengan apa yang akan diujicobakan di sekolah.

“Ini akan memberi alternatif media pembelajaran bagi kami. Memudahkan bagi anak-anak untuk memahami nada dan bunyi. Dan tentunya akan membuat guru-guru semakin kreatif membuat ragam permainan dan pembelajaran yang bisa diterapkan. Orang tua juga akan lebih bisa mengenalkan gadget dengan bijak, sesuai dengan batasan lewat media interaktif edukasi yang menyenangkan.”, tutur Ben. (wen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *