21 Rumah Di Butuh Kidul Rusak Disapu Puting Beliung

by -49 views

WONOSOBOZONE – Tak kurang dari 21 rumah penduduk di Dusun Jenggeran, Desa Butuh Kidul, Kecamatan Kalikajar porak-poranda akibat angin puting beliung yang melanda kawasan tersebut pada Rabu (25/9) petang. Camat Kalikajar, Bambang Triyono ketika dihubungi melalui sambungan telepon, pada Kamis (26/9) menyebut pihaknya bersama jajaran Muspika setempat, BPBD dan relawan tanggap langsung ke lokasi sesaat setelah mendapat laporan warga. “Pagi ini kami bersama Kapolsek, Danramil beserta jajaran anggota juga tengah bergotong royong dengan warga Butuh Kidul untuk membantu memperbaiki rumah-rumah yang rusak,” terang Bambang.  

Secara rinci, Bambang juga menyebut 21 rumah yang rusak masuk kategori ringan, sementara untuk rusak sedang ada 2 rumah, dan rusak berat 1 rumah  atas nama pemilik Bidin. Sebagian besar kerusakan, menurut Bambang menimpa bagian atap rumah, dan sejak semalam material telah dievakuasi dengan kerja bakti bersama warga masyarakat setempat.

“Kejadian angin lesus, dari keterangan warga Jenggeran sudah mulai sejak pukul 16.45 WIB dan berlangsung tidak begitu lama, namun berdampak pada kerusakan sejumlah rumah,” terangnya.

Tak hanya kerugian material dari kerusakan rumah, warga setempat menurut Bambang juga harus merasakan padamnya listrik di 2 RT yaitu RT 4 dan RT 5 akibat putusnya jaringan induk.

Dalam upaya evakuasi material, Bambang juga menyebut pihaknya menghadapi kendala berupa cuaca berkabut dan kendala jaringan komunikasi di wilayah tersebut yang buruk. Dari kejadian bencana tersebut, pihak Kecamatan diakuinya juga belum dapat menghitung kerugian materi secara keseluruhan mengingat para pemilik rumah masih berupaya untuk memulihkan kondisi mereka semampunya.

“Kami juga telah menyampaikan laporan tertulis kepada Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, dan pihak-pihak terkait lainnya aga ada arahan dan petujuk untuk tindak lanjut berikutnya,” tandas Bambang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *