Kebakaran Hutan terjadi di lereng Gunung Sumbing

by -19 views

TEMANGGUNGZONEKebakaran hutan dan lahan di lereng Gunung Sumbing terjadi pada, Minggu (22/9/2019) dini hari. Melansir dari republika.co.id, Lokasi kebakaran berada di atas Desa Tanggulanom, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung.

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, Gito Walngadi mengatakan, titik asap kebakaran hutan yang berada di petak 27-7 Resor Pemangku Hutan Kemloko, BKPH Temanggung mulai diketahui pada Minggu (22/9) dini hari sekitar pukul 03.00 WIB.

Sementara untuk menghindari terjadinya hal yang tak diinginkan, sebanyak 134 pendaki gunung dievakuasi oleh petugas gabungan Polri, PMI, BPBD dan Perhutani Temanggung sejak dini hari hingga Minggu siang.

Api belum bisa dipadamkan karena terkendala faktor alam dan medan yang sulit dijangkau, sehingga baru dilakukan pemantauan gabungan. Dikutip dari inews.com, Asper/KBKPH Perhutani Temanggung Kusino mengatakan, lahan yang terbakar berada di petak 27-7 dan meluas ke lahan 23-3, mencapai sekitar 20 hektare. Areal yang terbakar merupakan semak dan ilalang serta rimba campur. Sampai saat ini, belum diketahui pasti penyebab kebakaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *