Alat Pendeteksi Longsor BPBD Banjarnegara, Juara umum lomba Krenova tingkat provinsi Jateng 2019

by -11 views

BANJARNEGARAZONE – Alat pendeteksi longsor bernama Elwasi ini mengandalkan tenaga surya sebagai sumber energinya. Antara tanah dan Elwasi dihubungkan kawat seling yang ditancapkan ke tanah yang rawan pergerakan. Jika terjadi gerakan tanah, kawat itu otomatis akan ikut tertarik.

Selanjutnya Elwasi akan bereaksi dengan nyala lampu kedip maupun bunyi sirine sesuai tahapan gerakan tanah. Dengan demikian, warga bisa menangkap sinyal bahaya itu dan segera melakukan langkah antisipasi.

Alat yang dibuat sederhana dengan bahan murah ini ternyata cukup efektif untuk membantu pengurangan risiko bencana. Arief Rahman selaku Kepala Pelaksana Harian BPBD Banjarnegara mengatakan, Elwasi sudah dipasang di lokasi rawan longsor di Desa Sirongge Banjarnegara dan Desa Sirnareami Kabupaten Sukabumi.

Pihaknya saat ini juga tengah mengurus hak paten untuk produk tersebut. Elwasi BPBD Banjarnegara ternyata sudah mulai diminati berbagai daerah yang memiliki wilayah rawan pergerakan tanah.

Pihaknya berharap, Elwasi yang merupakan kependekan dari eling, waspada dan siaga ini dapat dikembangkan dengan dukungan pemerintah ntuk membantu deteksi peringatan dini longsor di Jawa khususnya. “Dari Kabupaten Sukabumi, dan Pandeglang pesan dua untuk awal,” katanya.(*)

Artikel kami kutip dari jateng.tribunnews.com (20/9/2019) berjudul “Alat Peringatan Dini Longsor Elwasi Kreasi BPBD Banjarnegara Sabet Juara Utama Kreanova Jateng” yang ditulis oleh khoirul muzaki & dieditori oleh galih permadi

#Banjarnegara #banjarnegarazone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *