Festival Layang-Layang Hias Untuk Lestarikan Permainan Berbasis Kearifan Lokal

by -420 views

WONOSOBOZONE – Ada yang menarik dibalik peringatan HUT RI ke 74 di Desa Sudungdewo Kecamatan Kertek, Ratusan masyarakat terlihat berbondong-bondong hadir di Lapangan Kedewan untuk menyaksikan Festival Layang-Layang Hias, Sabtu (24/8).

Dengan mengusung tema “Kemerdekaan”, Festival layang-layang hias itu untuk pertama kalinya diadakan tahun ini. berbagai layang-layang dihias dalam berbagai bentuk dan ukuran tampak memeriahkan acara tersebut. pesertanya pun tidak hanya dari warga masyarakat Desa Sudungdewo saja, melainkan dari luar desa juga antusias mengikuti festival ini.

Festival Layang-layang Hias ini juga bertujuan untuk kembali mengajak masyarakat melestarikan permainan berbasis kearifan lokal. Bermain layang-layang cukup populer dilakukan oleh ank-anak pada dekade sebelumnya, namun anak-anak generasi milenial saat ini nampaknya kurang familiar dengan permainan yang mengasyikan ini. Oleh karenanya Festival tersebut menjadi ajang penguatan eksistensi layang-layang di tengah era modern ini.

Selain itu Festival Layang-Layang Hias ini menjadi alternatif hiburan bagi masyarakat Wonosobo dibalik polemik Balon udara yang sudah membudaya di masyarakat Wonosobo.
Harapanya Festival Layang-Layang Hias menjadi sebuah media hiburan baru untuk masyarakat Wonosobo. Media hiburan yang merakyat, ekonomis dan tentunya mengasyikkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *