Tingkatkan Minat Baca Anak Usia Dini, TK/PAUD Agape Gelar Gernas Baku 2019

by -103 views

WONOSOBOZONE.COM – Ayah, Bunda.. Bacakan aku buku. Baca buku, membuat aku tahu. Ayah, bunda, bacakan aku buku. Baca buku, membuat aku pintar.
Penggalan lagu berjudul Gernas Baku dinyanyikan ramai dan riuh, suara puluhan anak-anak beradu dengan suara orang dewasa di ruang belajar TK/PAUD Universal Agape Kids Wonosobo yang sedang menyambut Gernasbaku 2019, Jumat lalu (2/8) yang diadakan oleh sekolah.


Gernas Baku atau Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku merupakan gerakan nasional, kolaborasi antara pemerintah dengan pegiat peduli pendidikan anak usia dini, perguruan tinggi dan dunia usaha dalam rangka meningkatkan partisipasi keluarga dan lembaga PAUD untuk menumbuhkan budaya membaca.


Tak hanya para murid, tampak juga orangtua atau wali mendampingi dengan antusias sejak kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB hingga selesai sekitar pukul 10.00 WIB.

Kepala sekolah PAUD Agape Universal Kids, Edwin Sulastyaningrum mengungkapkan bahwa salah satu tujuan dalam kegiatan ini adalah meningkatkan minat baca kepada anak-anak.


PAUD dan TK Agape ikut menyukseskan Gernas Baku 2019 yang tujuannya adalah meningkatkan mnat baca kepada anak-anak. Harapannya, kegiatan ini dilanjutkan budaya baca di rumah masing-masing. Minimal 15 menit sehari”, ungkapnya.

Setiap anak, dalam kegiatan ini diminta membawa satu buku cerita favorit. Kemudian, saat di sekolah orangtua diminta untuk membacakan cerita tersebut kepada anak.


Sementara itu salah satu orang tua murid, Sumali Ibnu Chamid mengapresiasi kegiatan Gernas Baku yang diadakan sekolah Alisa, putrinya.


Ini bagian cara baik sekolah membudayakan budaya baca sejak dini. Selain itu peran orang tua. Karena separuh lebih waktu anak dibangun di lingkungan keluarganya. Sejak masih bayi, ktika saya di rumah saya usahakan cerita maupun membaca buku cerita. Cara ini saya nilai baik mengenalkan kosakata baru kepada anak, membangun spirit, imajinasi dan logika. Mari budayakan membaca di rumah. Lempar dulu HPnya satu dua jam saat di rumah”, ujarnya.

Tak hanya itu, sebelumnya terdapat games-games menarik, menari dan menyanyi bersama yang kemudian dilanjutkan dengan lomba mewarnai untuk anak.

Kontributor : Wening Tias Suminar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *