Sambangi Desa Tiap Kamis, GAMPIL Layani Adminduk sampai PBB Di Kecamatan Kepil

by -29 views

WONOSOBOZONE – Sebuah inovasi baru untuk memudahkan warga masyarakat mendapatkan akses beragam jenis pelayanan diluncurkan oleh Pemerintah Kecamatan Kepil. Inovasi pelayanan Masyarakat tersebut, Dikemas dalam layanan mobil keliling bernama Gawe Ayem Masyarakat KePIL alias GAMPIL.

Diluncurkannya layanan GAMPIL tersebut, menurut Camat Kepil Miswari, bertujuan untuk mendekatkan warga desa, agar tidak perlu datang ke Kecamatan untuk mengurus keperluan mereka.

Program layanan GAMPIL nantinya akan melayanani seperti adminisitrasi kependudukan, berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran dan Kematian, sampai konseling tentang dana desa, pajak Bumi Bangunan (PBB) dan Kesehatan Remaja,” kata Miswari.

Selain itu Miswari juga mengungkapkan, layanan GAMPIL dapat diakses warga secara mudah pada setiap Kamis sesuai jadwal yang ditetapkan oleh pihak Kecamatan.

Warga yang ingin mengurus keperluannya, hanya tinggal menunggu jadwal kedatangan mobil keliling di desa mereka masing-masing. Sebanyak 20 Desa/ Kelurahan se-Kecamatan Kepil akan didatangi sesuai jadwal yang telah disusun dan disosialisasikan ke masyarakat,” ungkapnya.

GAMPIL, seperti akronimnya gawe ayem masyarakat Kepil dijelaskan Miswari juga menjadi wujud keseriusan pihaknya dalam mengupayakan ketenteraman masyarakat, khususnya dalam hal pemenuhan pelayanan publik yang efektif dan efisien. Secara harfiah, Miswari menjelaskan arti Gampil dalam Bahasa jawa adalah mudah atau memudahkan, namun dalam tingkat Bahasa Jawa Kromo Inggil sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang.

GAMPIL ini juga menjadi bagian dari Branding Wonosobo The Soul of Java, sebagai wujud dukungan kami terhadap program pemerintah Kabupaten dalam hal memudahkan masyarakat mendapatkan hak mereka,” jelas Miswari ketika ditemui di sela apel kendaraan inovasi Kecamatan di Pendopo Kabupaten, Jumat (12/7).

Lebih lanjut kata Miswari, selain sebagai sarana layanan informasi dan administrasi kependudukan, Mobil keliling yang membawa brand Wonosobo Soul of Java tersebut juga menjadi media promosi potensi lokal.

Kami sengaja menambah motif batik kembang silir di badan kendaraan serta lukisan bukit selfie, tujuannya untuk menarik minat warga masyarakat terhadap produk UKM lokal,” pungkasnya.

Sementara itu layanan mobil keliling GAMPIL telah diresmikan oleh Bupati Wonosobo Eko Purnomo, di halaman Kecamatan Kepil pada beberapa hari yang lalu. (Why/WZ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *