Ratusan Warga Saling Berebut Gunungan Dalam Acara Riyaya Unduh-Unduh

by -24 views

WONOSOBOZONE – Jemaat Gereja Kristen Jawa (GKJ) Wonosobo menggelar acara Riyoyo Unduh-Unduh dengan mengadakan kirab sambil membawa 12 buah gunungan yang diikuti oleh ratusan orang peserta. Mereka berasal dari lintas generasi, agama dan budaya. Nuansa Jawa juga sangat terasa, karena para jemaat GKJ Wonosobo memakai busana khas Jawa.

Acara kirab dimulai dari Kawasan Alun-alun Wonosobo, menuju Jalan Veteran, kemudian Pertigaan Jaraksari belok ke arah barat menuju Jalan Bhayangkara dan belok ke arah utara menuju GKJ Wonosobo, Minggu (14/7/2019).

Ketua Panitia Riyoyo Unduh-Uduh, Darno, mengatakan, tradisi unduh unduh ini berasal dari kata mengunduh atau memetik. Tradisi ini dilakukan dalam rangka ucapan rasa syukur ketika musim panen tiba. Selain itu perayaan ini merupakan agenda rutin warga jemaat GKJ Wonosobo.

Pawai ini diikuti oleh lebih dari seribu orang. Dari jemaat GKJ ada sekitat 500 orang dan pendukungnya ada 500 lebih. Yang mendukung pawai in ada dari Banser NU Wonosobo, Komunitas Gusdurian Wonosobo dan sejumlah kelompok kesenian di Wonosobo,” katanya.

Sementara itu, Asisten Sekda bidang Pembangunan Sumaedi saat melepas peserta karnaval mengatakan, Jadikan perayaan ini, sebagai momentum untuk mengelola perbedaan, sebagai  titik-pijak untuk membangun semangat dan mengembangkan pluralisme, yakni kesediaan  membangun komunikasi yang rasional dan aktif , untuk saling memahami perbedaan, demi terwujudnya Wonosobo yang bersatu untuk maju, mandiri dan sejahtera untuk semua.

“Saya berharap, kepada para tokoh agama dan Umat Kristiani, agar dapat senantiasa menjadi pelopor pemersatu bangsa, serta menjadi mitra pemerintah dalam mensolusikan berbagai permasalahan, melalui partisipasi  aktif terhadap berbagai kebijakan serta program kerja pemerintah”, tandasnya.

Acara pawai tersebut nampaknya juga mampu menyedot antusiasme masyarakat Wonosobo untuk menyaksikan dari pinggir jalan. Pada akhir acara, ribuan warga yang menyaksikan saling berebut gunungan yang berisi sayur-sayuran serta buah-buahan yang sengaja dibagikan saat finish acara di depan gereja GKJ Wonosobo. (Why/WZ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *