Permintaan Kambing Mulai Meningkat Jelang Hari Raya Idul Adha

by -108 views

WONOSOBOZONE – Menjelang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1440 H mendatang, permintaan konsumen untuk membeli domba dan kambing di Kabupaten Wonosobo mulai meningkat. Hal ini terjadi, mengingat momentum Hari Raya Idul Adha mereka manfaatkan untuk berkurban dengan membeli kambing. Bagi para peternak domba dan kambing tentu momen Idul Adha merupakan peluang emas yang tak boleh dilewatkan.

Seperti Muhibbin Afton misalnya, peternak domba dan kambing asal Dusun Kemiri, Wringinanom, Kertek, mengaku, Griya Ternak Farm miliknya mulai kebanjiran pesanan kambing untuk Hari Raya Idul Adha.

Pada hari-hari biasa, di Griya Ternak Farm saya hanya menjual kambing dikisaran 500 – 800 ekor per bulan, tapi Alhamdulillah, pada Idul Adha tahun 2019 ini, ditargetkan akan mencapai 1500 – 2000 ekor,” ungkap Afton.

Untuk memenuhi permintaan domba kambing yang sangat tinggi, Afton melakukan berapa langkah strategis, diantaranya dengan melakukan pelebaran kandang, tujuannya agar kapasitasnya bisa meningkat. “Setiap kandang saya isi full sampai 800 ekor, sejak bulan puasa lalu kami sudah menyiapkan bibit-bibit domba unggulan yang disiapkan untuk keperluan kurban saat Idul Adha,” terangnya.

Lebih lanjut, Afton juga menjelaskan, dalam sistem transaksi ia menggunakan harga kiloan hidup, karena dalam hukum secara syar’i harga kiloan lebih adil, jelas, dan pasti. sedangkan untuk harga kambing sendiri menjelang Idul Adha bisa naik hingga 20% dari hari biasa.

Jadi domba kita timbang dalam posisi hidup dan lapar, baru dikalikan perkilo serta kualitasnya untuk menentukan harga. Jadi tidak perlu tawar menawar, untuk pembayaran bisa di DP, bahkan akan kita antar sampai lokasi dan free perawatan sampai hari H,” katanya.

Kelebihan domba di Griya Ternak Farm sendiri adalah kualitas dombanya benar-benar full gemuk dari hasil vetening atau penggemukan dengan penerapan sistem pakan alternativ.

Kualitas domba gemuk bukan hanya makan rumput saja, tapi domba kita asup dengan suplai makanan yang bergizi serta nutrisi yang cukup, jadi kualitas domba kami untuk wilayah Wonosobo bahkan Jabodetabek berani bersaing,” pungkas Afton. (Why/WZ)

Reporter : Ilham Ardha (WZ)

Penulis : Wahyu Tri (WZ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *