Korean Red Cross Gyeonam Chapter dan PMI Banjarnegara Bangun Akses Sanitasi di SD Sirukem

by -37 views

BANJARNEGARA – Sebanyak 24 orang anggota palang merah korea chapter Gyeonam bekerjasama denganPMI Banjarnegara melakukan kegiatan bakti sosial di desa Sirukem, kecamatan Kalibening.

Mr. Kim Pan Sub yang merupakan staff Korean Red Cross Gyeonam Chapter mengungkapkan, kegiatan bakti sosial difokuskan pada pengentasan akses sanitasi dan air bersih di wilayah desa tersebut yang berkorelasi dengan program Water Sanitation and Hygiene.

“kami sangat terkesan dengan sambutan oleh masyarakat desa sirukem dan sekitarnya” ujarnya Kim. 

Pihaknya mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan sambutan serta antusias masyarakat dalam kegiatan tersebut yang akan berjalan selama lima hari tersebut. 

Kepala desa sirukem Rofik Afifudin mengucapkan banyak terima kasih kepada PMI Banjarnegara dan Korean Red Cross yang telah sudi memberikan banyak manfaat didesanya, baik dalam pembangunan fisik, non fisik dan penyadaran masyarakat tentang arti kebersihan. 

“semoga apa yang telah didonasikan dan diberikan kepada kami warga Sirukem dapat bermanfaat, karena masalah sanitasi dan air bersih memang menjadi kendala serius di wilayahnya” paparnya. 

Di hari pertama kegiatan bakti sosial ini dilaksanakan penyuluhan, promosi kesehatan dan kebersihan serta pembangunan beberapa fasilitas cuci tangan, pembenahan fasilitas dan renovasi MCK, pembuatan instalasi water meter, pembuatan lubang biopori serta games edukasi kepada siswa semuanya berlokasi di SDN Sirukem. 

Lewat Edukasi kepada siswa tentang kebersihan dan kesehatan diharapkan adik adik siswa SD dapat menjaga kebersihan diri dan lingkungan dan mempraktekkan dalam kehidupan sehari hari agar tercipta hidup bersih dan sehat. 

Edukasi dilakukan dalam bentuk Games menarik, pembelajaran cuci tangan, gosok gigi yang diikuti oleh seluruh siswa SDN Sirukem. 

Artikel dikutip dari suaramerdeka.com Penulis Achmad Rifki
https://www.suaramerdeka.com/news/baca/188001/korean-red-cross-gyeonam-chapter-bangun-akses-sanitasi-di-sd-sirukem

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *