Polres Banjarnegara Salurkan Air Bersih di Desa Jalatunda

by -82 views

BANJARNEGARA –  Kapolres Banjarnegara, AKBP Aris yudha Legawa mengatakan, pendistribusian air bersih tersebut dilakukan karena hampir separuh warga di kawasan pegunungan selatan tersebut mengalami kesulitan air bersih.

“Sebagai bentuk kepedulian sesama, Polres Banjarnegara mendistribusikan air bersih untuk kebutuhan konsumsi warga. Di sini ada Dusun Prau Bosok yang benar-benar kesulitan air, tetapi armada tidak bisa menjangkau ke sana. Jadi terpaksa warga mengangkut air pakai jeriken dengan kendaraan kecil,” katanya.

Dengan kondisi tersebut, Polres Banjarnegara bersama pemerintah akan terus memantau dan membantu warga yang kesulitan air bersih. Salah satunya dropping air bersih dilakukan di Desa Jalatunda, Kecamatan Mandiraja,  (4/7/2019).

“Sungai-sungai mulai mengering, belum lagi kemarau ini diprediksi bakal terjadi sampai September,” ujarnya.

Pj Kepala Desa Jalatunda, Hardiono mengakui, saat ini lebih dari 50 persen wilayah Jalatunda mengalami kekeringan. Bahkan, sedikitnya 800 kepala keluarga dari 1.500 kepala keluarga yang ada sudah mengalami kesulitan air bersih.

“Untuk mendapatkan air bersih, warga harus mengeluarkan uang Rp 5 ribu untuk satu galon. Kalau untuk mencuci dan mandi, masih ada yang membuat sumur di sungai yang mengering,” katanya.

Kesulitan air bersih, sudah dialami warga sejak Ramadan lalu. Saat itu, beberapa sumur warga masih mengeluarkan air, tapi sekarang betul-betul mengering. “Kami mengajukan permintaan air dan alhamdulillah dapat bantuan dari Polres Banjarnegara,” ujarnya. (oel)

Artikel dikutip dari satelitpost.com
https://satelitpost.com/regional/banjarnegara/polres-salurkan-air-bersih-di-jalatunda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *