Meriahnya Lomba Perahu Hias di Festival Kali Elo 2019

by -11 views

MAGELANG  – Lomba perahu hias yang merupakan rangkaian Festival Kali Elo 2019 diselenggarakan Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang bekerja sama dengan Paguyuban Operator Arung Jeram Magelang (POAJM).

Perahu karet yang dibiasa dipakai rafting itu dihias dengan berbagai aneka macam hewan seperti ikan maupun binatang yang hidup di Sungai Elo. Mereka yang mendayung perahu pun memakai hiasan pakaian yang menarik dan unik. Lomba perahu hias ini menempuh jarak sekitar 12,5 km. 

Salah satu turis Amerika Serikat (AS) yang datang adalah keluarga Mychael Clarson, istrinya, Ayu Clarson dan anaknya, Keit Clarson. Mychael Clarson, merupakan orang pertama yang mengenalkan rafting di Sungai Elo pada tahun 1993. Ketika itu, dia datang dengan membawa perahu dari Amerika, kemudian mengajari beberapa guide di Borobudur untuk memandu rafting.

“Sungai Elo lebih gampang dan baik sekali dibanding sungai-sungai di dunia,” ujar Mychael di sela-sela melihat lomba perahu hias di Sungai Elo, Jumat (5/7/2019).

Ketua POAJM, Nuryana mengatakan, lomba perahu hias di Sungai Elo sudah diadakan yang kedua kali. Untuk lomba yang dinilai dari perahu hias tersebut, kata dia, antara lain keunikan hiasan, kustum maupun hiasan yang dipakai harus ramah lingkungan.

Untuk tahun ini, katanya, temanya lomba perahu hias yakni Fauna Sungai Elo. Untuk itu, hiasanya berupa hewan yang berada di Sungai Elo. Lomba tersebut juga bermaksud sebagai promosi untuk rafting di Sungai Elo yang aman.

“Dampak dari lomba perahu hias ini di Sungai Elo sudah bisa dibuktikan bahwa ternyata berarung jeram di Sungai Elo tidak berbahaya. Ya tadinya, tidak berani, dengan adanya seperti ini menjadi lebih berani. Ini ada pakai hewan-hewan besar, ikan besar ada di atas kapal saja tetap aman, apalagi masyarakat yang belum menikmati mesti akan penasaran selalu datang di Sungai Elo,” ujarnya.

Artikel dikutip dari detik.com penulis Eko Susanto
https://m.detik.com/news/berita-jawa-tengah/d-4612959/meriahnya-lomba-perahu-hias-di-sungai-elo-magelang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *