KPU Kabupaten Magelang Tunda Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih DPRD

by -45 views

MAGELANG –  KPU Kabupaten Magelang masih menunggu perintah lebih lanjut dari KPU RI. Sementara KPU RI sendiri masih menunggu surat pemberitahuan resmi dari MK terkait Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK).

“Hingga tadi malam, bahkan sampai tadi pagi, KPU RI belum mendapatkan surat pemberitahuan pernyataan resmi tentang BRPK itu, sehingga KPU RI belum menginstruksikan terhadap jajaran di bawahnya (termasuk KPU Kabupaten Magelang). Sehingga acara penetapan ini ditunda sampai ada perintah lebih lanjut,” ujar Ketua KPU Kabupaten Magelang, Afifuddin, Rabu (3/7/2019).

Dia mengatakn, meski urung dilaksanakan Rabu (3/7/2019) ini, penetapan kursi partai politik dan calon terpilih DPRD Kabupaten Magelang akan tetap digelar, dengan catatan menunggu perintah dari KPU RI, juga pemberitahuan resmi dari MK ke KPU RI terkait BRBK.

“Kalau sudah ada pemberitahuan dari MK, gak menunggu lama, dalam beberapa jam KPU RI akan bersurat ke KPU Provinsi untuk segera menetapkan, sampai tiga hari berikutnya. Setelah ada BRBK,” ujarnya.

KPU Kabupaten Magelang sendiri menggelar acara penetapan ini tanggal 3 Juli 2019, mengacu kepada jadwal tahapan di Mahkamah Konsitusi.

Dalam jadwal yang tercantum di sumber informasi MK, tanggal 1 Juli 2019 memang direncanakan pengumuman BRBK.

KPU Kabupaten/Kota lain di Provinsi Jawa Tengah pun menurutnya juga telah menetapkan acara penetapan di tanggal-tanggal tersebut, tetapi hingga sekarang BRPK dari MK belum keluar.

“Sesuai jadwal tahapan di MK, BRPK dikeluarkan tanggal 1 Juli 2019, sehingga kabupaten kota yang didalam daftar itu tidak ada sengketa, harus menetapkan calon perolehan kursi dan calon terpilih itu tiga hari setelah BRPK, sehingga kan tanggal 2,3, atau 4 Juli. Kita ambil tanggal 3 Juli, teman-teman kabupaten kota lain ada juga yang tanggal 4. Tapi sampai saat ini surat belum ada, sehingga kita ngikut untuk menunda, berdasarkan arahan untuk ditunda dulu,” ujar Afifuddin.

Lanjut Afifuddin, sebetulnya pihaknya telah siap untuk melakukan penetapan. Angka-angka perolehan kursi parpol dan calon terpilih DPRD Kabupaten Magelang juga telah dihitung tuntas.

KPU Kabupaten Magelang sendiri terus berkoordinasi dengan KPU RI terkait masalah tersebut. Secara normal, penetapan memang pada tanggal 3-4 Juli 2019 ini.

“Tentu penetapan akan tetap digelar. Kita tunggu saja instruksi lebih lanjut dari KPU RI,” pungkas Afifuddin.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Magelang, M Yasin Awan Wiratno, mengatakan, pihaknya memberikan masukan untuk KPU Kabupaten Magelang untuk tetap menunggu keputusan pasti dari Mahkamah Konstitusi.

Walaupun sudah jelas perolehan kursi dan calon terpilih, semuanya tetap harus dilakukan sesuai prosedur.

Sebagaimana diketahui penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih seharusnya dilaksanakan Rabu (3/7/2019) ini bertempat di Hotel Atria, Kota Magelang.

Tamu baik dari saksi partai politik, Pemerintah Kabupaten Magelang, Bawaslu Kabupaten Magelang, dan unsur lainnya sudah hadir di tempat. Namun atas sebab di atas, KPU Kabupaten Magelang menunda acara penetapan.

Artikel dikutip dari Tribunjogja.com Penulis Rendika Ferri K
https://jogja.tribunnews.com/2019/07/03/kpu-kabupaten-magelang-tunda-penetapan-perolehan-kursi-dan-calon-terpilih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *