Disdikbud Kota Magelang, Siap Tampilkan Seni di Apeksi 2019

by -34 views

MAGELANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang, Jawa Tengah ikut berpartisipasi dan mengirim duta seni dalam kegiatan Apeksi (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) di Semarang, Jawa Tengah, pada 3-5 Juli 2019.

Kabid Kebudayaan Disdikbud Kota Magelang, Sugeng Priyadi mengatakan, Apeksi merupakan sebuah rakernas walikota se-Indonesia yang didakan setiap tahun. Salah satu agenda yang menjadi bagian di dalam kegiatan itu ialah menampilkan kesenian dari masing-masing kabupaten atau kota.

“Jadi seluruh kota se-Indonesia berkumpul jadi satu dan mewakilkan duta seni masing-masing daerah. Saat ini kita sedang mempersiapkan kesenian untuk Apeksi itu,” katanya.

Para seniman yang di sekolah, masyarakat dan universitas dikumpukan menjadi satu untuk bekerja sama menghasilkan seni tari yang akan ditampilkan. Duta seni yang dikirim rata-rata terdiri dari remaja yang masih pelajar SMA dan mahasiswa. Ada juga yang statusnya bekerja, tetapi masih usia remaja.

“Untuk Apeksi kali ini kita sebelumnya lakukan audisi. Kita pantau dari sanggar-sanggar, kita lihat dari usia remaja. Penari-penari terbaik dari masing-masing sanggar kita pilih.  Hal itu kita lakukan, karena akan menjadi duta seni yang mewakili Kota Magelang, jadi kita pilih penari-penari terbaik untuk tampil di Apeksi,” jelasnya.

Kota Magelang akan menampilkan 2 hal yaitu kirab budaya dengan judul Burung Kuning Sejuta Bunga. Sedangkan hal yang kedua ialah  pentas Tari Gethuk.

Selain sebagai ajang promosi kesenian, di agenda acara Apeksi  juga bisa melihat kesenian dari daerah lain. Hal itu bisa menjadi bahan ide dan inspirasi untuk bisa diterapkan di daerah masing-masing.

Artikel dikutip dari siedoo.com penulis Adeed
https://siedoo.com/berita-22830-disdikbud-kota-magelang-siap-tampilkan-seni-di-apeksi-2019/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *