BIAPF 2019 Siap Digelar di Magelang, Persiapan Sudah Mencapai 90 Persen

by -43 views

MAGELANG  – Borobudur International Arts and Performance Festival (BIAPF) 2019 siap digelar di Taman Lumbini kompleks Candi Borobudur dan Desa Wanurejo Kabupaten Magelang Jawa Tengah, pada (5-7/7/2019).

Kepala dinas Pemuda olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Sinung N Rachmadi mengatakan, persiapan event international tersebut sudah mencapai 90 persen.

Event ini menjadi milik kita semua, bukan hanya oleh pemerintah daerah maupun panitia penyelenggara. Tema BIAPF 2019 adalah harmony in diversity yang mempunyai makna:  telah tercipta keserasian dari keanekaragaman budaya dan peradaban Nusantara, serta antarbangsa,” katanya, Selasa (2/7/2019).

Dengan demikian acara tersebut dapat mempererat persahabatan antarbangsa melalui pariwisata dan budaya. Nantinya, pergelaran BIAPF  juga menampilkan kesenian dari negara sahabat, antara lain dari Spanyol, Meksiko, dan Hongaria.

Penampil lain adalah dari  daerah sahabat, yakni  Lampung, DKI Jakarta, Banten, Sulawesi Utara, dan Aceh, Kabupaten Blitar-Jawa Timur, Kabupaten Muara Enim-Sumatera Selatan, dan kab/kota se-Jawa Tengah, serta seniman kawasan Borobudur di Taman Lumbini kompleks Candi Borobudur dan Candi Pawon Desa Wanurejo.

Selain pertunjukan kesenian, juga akan ada pameran tourism trade and investment (TTI). Yaitu menampilkan produk unggulan provinsi sahabat dari DKI Jakarta, Aceh, Lampung, dan Sulawesi Utara, Dekranasda Provinsi Jawa Tengah, dan kab/kota se-Jawa Tengah.

“Semoga dari acara tersebut dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat, terutamanya peningkatan perekonomian,” ujarnya.

BIAPF 2019 merupakan pergelaran tahunan  yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Tahun ini adalah penyelenggaraan yang kelimanya, setelah dilaksanakan empat tahunan yaitu pada  2003, 2007, 2013 dengan nama Borobudur International Festival (BIF) dan mulai  2018 dilaksanakan rutin setiap tahun dengan nama Borobudur lnternational Arts and Perfomance Festival (BIAPF).

Artikel dikutip dari Gatra.com Reporter: Budi Arista 
https://www.gatra.com/detail/news/425781/lifestyle/biapf-siap-digelar-di-magelang-persiapan-sudah-90-persen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *